Mohon tunggu...
P Joko Purwanto
P Joko Purwanto Mohon Tunggu... Guru - Teacher

Becoming added value for individual and institute, deeply having awareness of personal branding, being healthy in learning and growth, internal, external perspective in order to reach my vision in life, and increasingly becoming enthusiastic (passion), empathy, creative, innovative, and highly-motivated.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dimensi #3: Keterlibatan dan Kegembiraan (4/10)

3 Desember 2022   22:50 Diperbarui: 21 Desember 2022   23:55 296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dimensi #3: Keterlibatan dan Kegembiraan (Flickr)

DIMENSI #3: KETERLIBATAN DAN KEGEMBIRAAN (4/10)

Ikhtisar

Dalam konteks Kurikulum Merdeka, untuk landasan pengajaran yang efektif ini akan digunakan empat jalur penelitian yang pernah dilakukan:

  • Penelitian meta-analitik Robert Marzano (2007) tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan siswa;
  • Robert Marzano dan Debra Pickering (2010) meneliti tentang apa yang membuat ruang kelas menarik;
  • Kerangka kerja Charlotte Danielson (2007) untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran; dan
  • Penelitian Silver & Perini (2010) yang menyelidiki dorongan motivasi inti yang memengaruhi tingkat komitmen siswa di kelas.

Dari empat penelitian tersebut, diekstraksikan prinsip-prinsip utama dan diidentifikasi serangkaian pertanyaan untuk penilaian diri guru. Dengan demikian kita dapat menyimpulkan bahwa betapa pentingnya arti keterlibatan kelas. Untuk melihat sejauh mana pembelajaran sebagai suatu hal yang menggembirakan perlu pula dimasukkan pertanyaan penilaian diri tentang hal-hal seperti semangat yang menginspirasi untuk belajar dan kapasitas kelas untuk mengejutkan dan menyenangkan siswa.

Gunakan skala peringkat 1-4 berikut untuk menanggapi setiap pertanyaan di halaman berikutnya.

1    Novis - Saya tidak melakukan ini di ruang kelas saya, atau penggunaan praktik ini tidak memiliki efek positif pada pembelajaran siswa saya.

2    Berkembang - Saya melakukan ini di kelas saya, tetapi penggunaan praktik ini terkadang memiliki efek positif pada pembelajaran siswa saya.

3    Mahir - Saya melakukan ini dengan baik dan saya memperhatikan adanya efek positif yang konsisten pada pembelajaran siswa.

4    Pakar - Saya melihat ini sebagai kekuatan saya. Saya dapat mengadaptasinya agar sesuai dengan kebutuhan siswa saya dan melihat hasil positif yang konsisten dan signifikan dalam prestasi siswa.

NA Not Applicable - Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun