Lihat ke Halaman Asli

Cahyadi Takariawan

TERVERIFIKASI

Penulis Buku, Konsultan Pernikahan dan Keluarga, Trainer

Obrolan Mesra Suami Istri di Malam Hari

Diperbarui: 13 April 2022   22:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumen pribadi

Salah satu aktivitas rutin suami istri dalam kehidupan sehari-hari adalah berkomunikasi. Hendaknya suami dan istri membangun kebiasaan komunikasi yang nyaman dan melegakan. Mengobrol adalah salah satu jenis komunikasi yang mudah dilakukan, dan memberikan dampak yang mampu menghangatkan hubungan.

Tanpa obrolan rutin, suasana keluarga akan menjadi kaku dan kering. Tidak ada canda tawa, tidak ada keceriaan dan tidak ada diskusi yang menguatkan ketahanan keluarga. Masing-masing asyik dengan dunianya sendiri, dan tidak peduli dengan pasangannya.

Dua Jenis Obrolan Suami Istri

Secara umum, ada dua jenis obrolan dalam kehidupan sehari-hari suami dan istri. Yang pertama adalah obrolan yang serius dari segi tema. Yang kedua, obrolan yang remeh temeh saja.

Jenis obrolan yang pertama, digunakan untuk menemukan solusi saat ada permasalahan atau untuk mengambil suatu keputusan penting. Misalnya, saat akan menentukan anak sekolah di mana? Keputusan tentang sekolah anak dan kelanjutannya adalah hal penting untuk dibahas bersama pasangan. Jangan diputuskan oleh suami sendiri, atau oleh istri sendiri.

Demikian pula ketika suami dan istri sedang menghadapi masalah, mereka bisa menggunakan obrolan jenis pertama untuk menemukan jalan keluar yang bisa diterima kedua belah pihak. Suami dan istri duduk dalam suasana nyaman, kemudian mengobrolkan suatu permasalahan untuk diselesaikan.

Jenis obrolan yang kedua, berguna untuk menguatkan kelekatan suami dan istri. Tema obrolan tidak penting. Apa saja bisa menjadi bahan obrolan. Yang dipentingkan adalah kehangatan suasana dan kebersamaan rasa antara suami dan istri. Mereka bisa mengobrolkan hal-hal remeh temeh --yang tidak penting.

Ternyata mengobrolkan hal-hal tidak penting adalah penting dalam menjaga kehangatan perasaan antara suami dan istri. Canda tawa bisa mereka hadirkan sehingga obrolan terasa berkesan dan berdampak semakin mendekatkan keduanya. Kebiasaan membangun obrolan yang ringan ini bisa membuat suasana hangat dalam kehidupan berumah tangga.

Obrolan Malam Hari

Pada pasangan suami istri yang super sibuk, sering kali mereka menjadikan kesibukan sebagai alasan untuk tidak sempat mengobrol. Pergi pagi-pagi dan pulang sudah malam, tak ada waktu untuk mengobrol santai dengan pasangan. Jika kondisi ini dibiarkan, akan menyebabkan suasana kekeringan cinta diantara mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline