Lihat ke Halaman Asli

Opa Jappy

Orang Rote yang Bertutur Melalui Tulisan

Polisi di Wilayah Konflik

Diperbarui: 3 Mei 2019   08:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Anda sudah pernah mendengar atau mengetahui tentang perwira Polri yang menjadi Kapolda di Luar Negeri? Jika berlum, maka mungkin saja anda katakan, "Itu tidak mungkin. Sebab, bagaimana mungkin seorang Perwira Polri menjadi Kapolda di Daratan Asia dan Eropa?" Itu, salah satu yang menarik dalam buku  Polisi di Wilayah Konflik: Challenge and Uncertainty (selanjutnya PWK), yang ditulis oleh Irjen Pol (P), Drs. Jacki Uly, MH (selanjutnya Jacki).

Dokumentasi Pribadi

Jacki menulis pengalaman 'kedinasan dan berdinas' tersebut dengan alasan bahwa, "Setelah memasuki masa purna bhakti dalam pengabdian sebagai seorang anggota Polri pada awal tahun 2011, maka terbersit keinginan menulis pengalaman selama berdinas khususnya sebagai seorang anggota Brigade Mobil. 

Mengapa demikian?

Sebab, walau banyak orang mengenal Brimob dan bahkan sering bertemu mereka, tapi banyak yang tidak tahu bahwa Brimob bagian Kepolisian RI. Kebanyakan menganggap Brimob adalah bagian dari Militer menganggap Brimob adalah bagian dari Militer."

Dalam PWK, Jacky Uly menulis (kembali) hampir semua pengalamannya selama mengabdikan diri di Polri, sejak ia lulus tahun 1974 hingga mencapai pangkat Irjen serta mengakhiri pengabdiannya di Polri. 

Namun, pada PWK, jika membacanya, jangan mencari kisah pertempuran, tempak-menembak, atau yang parah berdarah di medan operasi, itu tidak ada. Sebaliknya, akan menemukan sisi-sisi humanis seorang Polri, khusus anggota Brigade Mobil atau Brimob.

Di awali dengan 'Tertarik Menjadi Brimob,' Jacki mengukapkan tentang salah satu alasan menjadi Brimob, Menjadi anggota (Brigade Mobile) sebenarnya bagi saya bukan suatu kebetulan.

Jauh sebelumnya ketika ayahanda saya, Titus Uly, menempuh pendidikan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) di Jakarta, pada waktu-waktu luang ayah sering membawa saya menjenguk famili yang berdinas di Mobile Brigade (Mobbrig - MB) di asrama Mobbrig di Cipinang dan Kedunghalang. 

Sebelumnya memang Brimob menggunakan nama Mobbrig, atau sering disingkat MB, setiap ke sana saya suka mendengar kisah-kisah tentang pengalaman mereka bertempur di daerah operasi inenumpas berbagai pemberontakan seperti : RMS, DI/TII, Permesta, PRRI, dan lain-lain. Mereka juga bercerita tentang tugas-tugas menghadapi berbagai macam kejahatan lain terhadap masyarakat dan negara. Cerita-cerita itu sangat berkesan dan mempengaruhi imajinasi saya, (hal 7).

Setelah lulus dari Akabri Kepolisian, Jacki bertugas di Jawa Timur; ternyata, ia tidak lama di sana. Sebagai perwira muda, waktu itu pangkatnya masih disebut Letnan Dua atau Letda, Jacki dengan beberapa teman seanggkatannya mendapat tugas operasi di Timur Timur (sekarang Timor Leste). Ini adalah tugas pertamannya, dan sangat mengesankan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline