Lihat ke Halaman Asli

om_nanks

TERVERIFIKASI

nikmati yang tersaji jangan pelit berbagi

Generasi Milenial Perempuan Milenial: Perempuan Karir dan atau Ibu Rumah Tangga?

Diperbarui: 13 Februari 2023   09:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi/perempuan karir dan atau ibu rumah tangga (source: tehsariwangi.com)

Generasi Milenial Perempuan Milenial: Perempuan Karir dan atau Ibu Rumah Tangga? - Penulis awalnya beranggapan asal mereka masih muda dan berpenampilan kekinian dapat dikategorikan sebagai generasi milenial.

Generasi milenial atau generasi Y adalah generasi yang terlahir dalam rentang waktu antara tahun 1981 sampai dengan 1996 atau saat ini telah berusia 27 tahun sampai dengan 42 tahun.

Secara umum generasi ini pada posisi pra usia mapan secara ekonomi maupun secara sosial serta pemikiran.

Memulai fase kehidupan berkeluarga dengan segala sarana dan prasarananya, sebuah rumah pertama nan mungil, kendaraan untuk mempermudah mobilitas, serta memulai mengisi pundi-pundi tabungan/investasi untuk keberlangsungan anak dan pasangannya di masa tuanya.

Bagi mereka yang kedua-duanya bekerja diluar rumah dan bagi mereka yang hanya salah satu pasangan saja bekerja diluar rumah sementara diri sendiri bekerja di rumah.

Bekerja di rumah menjadi ibu rumah tangga dengan mengelola usaha online atau usaha-usaha yang dapat dikendalikan dari rumah tanpa harus meninggalkan anak.

Ibu Rumah Tangga(IRT) merupakan sebuah profesi yang produktif, pekerjaan ini apabila dikonversi ke dalam mata uang tentu dapat dikategorikan sebagai profesi yang sangat produktif.

Memang ibu rumah tangga tidak menghasilkan pendapatan gaji dalam bentuk uang, namun yang perlu dipahami bahwa "beliau-beliau" mampu melakukan penghematan pengeluaran yang sangat besar dalam satu rumah tangga.

Jika sang bapak atau suami harus menggaji seorang baby sitter, pembantu rumah tangga, guru untuk anak-anak (ibu sebagai madrasah pertama di dalam keluarga bagi anak-anaknya) dan pekerjaan-pekerjaan rumahan lainnya yang tak terhitung banyaknya.

Bersyukurlah apabila seorang ibu rumah tangga mampu mengelola waktu dan tenaganya untuk menambah pendapatan dengan melakukan aktifitas bekerja diluar rumah sebagai karyawan maupun berusaha dari rumah. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline