Lihat ke Halaman Asli

Oemah Bakran

Aneka lauk pauk

Sate Jamur Oema Bakran

Diperbarui: 26 Januari 2021   00:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Buat kamu kaum vegan/vegetarian yang anti makan daging-dagingan, bisa nih coba menu sate jamur tiram.

Rasanya tentu seenak sate daging sapi atau ayam karena pakai bumbu rempah dan tekstur jamur tiram yang juga kenyal lembut

"Manfaat Sehat Jamur Tiram yang Sayang Jika Terlewatka

 1.Meningkatkan daya tahan tubuh

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine menunjukkan bahwa jamur tiram berpotensi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahan aktif dalam jamur tiram dapat merangsang makrofrag untuk bekerja lebih aktif.

Makrofag adalah salah satu bagian dari sel darah putih yang bertugas untuk melawan virus, bakteri, dan mikroorganisme lainnya.

2. Menurunkan kolesterol

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology menemukan bahwa jamur tiram dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol total dalam darah.

Temuan ini juga didukung oleh penelitianlain yang menemukan bahwa konsumsi jamur tiram rutin selama 24 hari dapat menurunkan kolesterol dari penderita diabetes tanpa memberikan efek samping pada hati dan ginjal.

Manfaat jamur tiram ini datang dari kandungan lovastatin yang membantu mengatur sirkulasi kadar kolesterol darah. Selain itu, kandungan beta-glucan, yakni salah satu bentuk serat larut air yang ditemukan tinggi pada jamur juga bisa memengaruhi kadar kolesterol. Beta-glucan berfungsi menyerap kolesterol di aliran darah.

Selain kolesterol darah, dalam penelitian tersebut juga menunjukan bahwa manfaat jamur tiram lainnya dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan gula darah pada penderita diabetes

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline