Lihat ke Halaman Asli

Oddi Marmara Maryam

Nutrition Student

Bisakah Kurma Menjadi Alternatif Program Diet?

Diperbarui: 6 Juli 2022   10:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tubuh yang ideal merupakan suatu hal yang menjadi primadona bagi beberapa kalangan, baik pria maupun wanita. Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh ideal adalah dengan mengikuti program diet. 

Meskipun tergolong sulit, program diet terbukti ampuh untuk mendapatkan badan ideal sesuai keinginan masing-masing. Program diet dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari mengurangi porsi makan hingga mengurangi kalori di makanan. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan mengonsumsi kurma.

Kurma merupakan buah yang sudah dikenal oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Kurma disajikan sebagai salah satu hidangan untuk berbuka puasa. Bahkan, buah kurma identik dengan perayaan bulan Ramadan di Indonesia. Hal ini menjadikan buah kurma sangat mudah ditemukan di Indonesia, terlebih di pasar modern.

Tidak hanya terkenal, buah kurma juga memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Buah kurma memiliki kandungan gizi yang tergolong tinggi. Menurut Resna (2021), kandungan gizi yang terdapat di dalam dua butir kurma adalah 110 kalori, 1 gram protein, 31 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan 27 gram gula. 

Selain itu, ada pula nutrisi penting lainnya dalam kurma, seperti karbohidrat, lemak, mineral, vitamin, magnesium, kalsium, dan selenium. Kurma juga menjadi salah satu sumber fitonutrien yang kaya manfaat sehingga bermanfaat bagi tubuh. B

ahkan, kurma memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga peningkatan gula darah dalam tubuh tidak terjadi dengan cepat. Dalam menjalankan program diet, Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari kurma.

1. Mempercepat kondisi kenyang

Kurma merupakan buah yang dapat dimanfaatkan untuk diet karena mampu mempercepat rasa kenyang seseorang. Kurma memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi. 

Buah ini juga memiliki kadar kalori tinggi yang sebagian besar bersumber dari karbohidrat. Kandungan ini mampu menyebabkan usus besar menyerap makanan dengan lebih lambat. Hal ini menyebabkan seseorang akan merasa kenyang untuk waktu yang relatif lama.

2. Menghambat rasa lapar

Kurma merupakan buah yang rasanya manis. Buah ini memiliki rasa manis yang alami dan sehat. Selain dapat menggantikan peran pemanis buatan, kandungan dalam buah ini mampu menghambat atau menunda rasa lapar muncul. Hal ini juga terjadi karena kandungan protein dalam kurma membutuhkan proses pencernaan yang lebih lama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline