Lihat ke Halaman Asli

NURRAHMAN PUTRA FAIKAR

TARUNA POLITEKNIK ILMU PEMASYARAKATAN

Menerapkan Budaya Anti Korupsi Dapat Mencegah Peredaran Narkoba di Lembaga Pemasyarakatan

Diperbarui: 21 September 2022   23:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wordpress.Com

Dalam menghadapi masalah peredaran narkoba terutama di dalam Lembaga Pemasyarakatan sangat diperlukan peran petugas pemasyarakatan maupun instansi lainnya seperti kepolisian dan stakeholder lainnya. Pengedar maupun pengguna narkoba bisa menganggu kelangsungan kehidupan lingkungan keluarga, bermasyarakat serta dapat menjadi ancaman dalam tatanan pembangunan dan masa depan negara Indonesia.

Begitu halnya dalam melaksanakan tugas dan fungsi di Lembaga Pemasyarakatan khususnya. Lapas ternyata terkadang dijadikan sebagai tempat untuk melakukan tindakan korupsi oleh petugas yang bekerjasama dengan narapidana dalam hal peredaran gelap narkoba di dalam Lapas. 

Hal tersebut menyebabkan tindakan korupsi rentan terjadi dilakukan petugas dapat melakukan tindakan korupsi berupa gratifikasi maupun suap-menyuap untuk mendapatkan keuntungan satu sama lain yakni antara petugas maupun narapidana.

Korupsi dalam penjelasannya merupakan hal yang merugikan baik terhadap diri sendiri maupun dampaknya kepada orang lain dan negara. Sebagaimana menurut Robert Klitgaard “Korupsi yakni suatu tingkah laku yang dapat dikatakan perbuatan menyimpang dari tugasnya dan wewenang suatu jabatan yang dipegang, karena adanya keuntungan uang maupun status yang menyangkut pribadi yang melanggar aturan serta kode etik pelaksanaan tingkah laku pribadi.” 

Dengan demikian, dapat dijelaskan bahwa korupsi adalah suatu tindakan yang bertujuan untuk memperkaya diri dengan cara melanggar aturan yang ada , melanggar HAM, norma melalui sumber daya sosial budaya, politik, maupun ekonomi dengan memanfaatkan potensi SDM yang ada yakni jabatan atau kekuasaan. Hal tersebut tentunya sangat relevan terhadap petugas pemasyarakatan, dimana sumber daya manusia yakni narapidana yang banyak membuat petugas dapat melakukan tindakan korupsi dalam hal suap-menyuap untuk melakukan peredaran narkoba di dalam Lapas.

Tindakan korupsi yang dilakukan oleh petugas menimbulkan dampak yang besar terhadap keamanan dan ketertiban di Lapas dan menjadi kunci terjadinya penyimpangan lainnya. Dalam melakukan antisipasi terhadap peredaran narkoba yang terjadi di Lapas maka harus ada peran petugas didalamnya. 

Melihat keadaan sebenarnya, masih banyak sekali metode ataupun tindakan untuk menyelundupkan narkoba kedalam Lapas/Rutan baik antar narapidana maupun petugas didalamnya juga ikut terlibat. Hal tersebut dapat menjadi perhatian untuk Petugas Pemasyarakatan khususnya bagian pengamanan dan juga harus dapat menganalisis secara benar dengan visi pencegahan dan akhirnya bisa memperkecil kemungkinan terjadinya peredaran narkoba didalam Lapas.

Hal tepenting dalam peran petugas adalah SDM yang ada harus meningkatkan jiwa integritas nya dan tidak melakukan tindakan korupsi yang berupa Pungli atau suap menyuap yang mengizinkan narapidana untuk dapat mengedarkan narkoba di dalam Lapas. 

Semua petugas pemasyarakatan harus dapat memprediksi segala kejadian baik maupun buruk yang kemungkinan bakal terjadi dan meningkatkan pengawasan terhadap Narapidana. 

Meskipun disetiap unsur berperan penting dalam hal pengamanan, Petugas Pengamanan di Lapas merupakan unsur utama sebagai penegak yang memiliki peran sangat penting, mulai dari upaya, penindakan pencegahan, hingga proses pemulihan terhadap WBP yang melakukan kegiatan ilegal yang seharusnya dilarang dari segala instansi pemasyarakatan.

Begitu pula pada dasarnya hal ini bisa diterapkan dalam peran petugas terhadap peredaran narkoba yang terjadi di dalam Lapas agar meminimalisisr kejadian tersebut harus ada perencanaan hingga pelaksanaannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline