Lihat ke Halaman Asli

Dr. Nugroho SBM MSi

Saya suka menulis apa saja

Tips bagi Fresh Graduate yang Mulai Bekerja agar Nyaman

Diperbarui: 27 Agustus 2022   23:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: republika.co.id

Mereka yang baru saja lulus dari kuliah atau fresh graduate belum punya pengalaman kerja. Dengan demikian ketika diterima kerja maka pastilah akan menghadapi berbagai rasa seperti canggung, bingung, cemas, dan lain-lain perasaan yang wajar dihadapi oleh mereka yang baru saja bekerja. 

Untuk mengatasi berbagai perasaan tersebut maka ada beberapa tips yang bisa dicoba agar para fresh graduate yang baru mulai bekerja bisa segera menyesuaikan diri dan bisa bekerja lebih nyaman dan produktif.

Pertama,  tekuni pekerjaan sedari awal bekerja. Dengan menekuni pekerjaan sejak awal maka kita akan tahu persis harus mengerjakan bidang pekerjaan kita dengan baik dan dengan cara yang efisien. 

Pengetahuan yang mendalam tentang pekerjaan kita yang diperoleh dengan menekuni pekerjaan dari awal bekerja akan menghilangkan sebagian perasaan tak nyaman yang dihadapi oleh fresh graduate.

Kedua, bergaullah  dengan karyawan-karyawan senior dan bertanyalah kepada mereka hal-hal yang terkait dengan pekerjaan dan budaya serta aturan perusahaan. 

Hal tersebut akan memberikan gambaran tentangpekerjaan kita dan lingkungan kerja kita sehingga lambat-laun perasaan tak nyaman bagi para fresh graduate akan hilang.

Ketiga, jangan mudah terhasut teman. Rasa tak nyaman bagi fresh graduate biasanya juga timbul karena mendengar hasutan teman di kantor. Para penghasut ini cenderung menceritakan kejelekan teman dan atasan serta sistem kerja di suatu kantor. 

Hasutan-hasutan itu tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi fresh graduate. Oleh karena itu bagi fresh graduate yang baru saja bekerja disarankan untuk tidak mendengarkan hasutan-hasutan itu.

Keempat, bersikaplah supel dan ramah kepada siapapun teman dan atasan di kantor. Ada yang menyalah artikan sikap supel sebagai sikap mengambil muka. 

Tetapi hal iu salah karena sikap supel dan ramah membuat kita akan mudah untuk mendapatkan pertolongan dan juga informasi tentang pekerjaan kita sebagai fresh graduate sehingga sanagat membantu mengurangi rasa tak nyaman dalam bekerja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline