Lihat ke Halaman Asli

Noverine RieschaAprillia

Mahasiswa FISIP UAJY

5 Tips Saat Bertamu ke Rumah Teman

Diperbarui: 24 November 2020   21:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: tagar.id

Apakah Anda sering bertamu ke rumah teman? Saat pertama kali Anda mengunjungi rumah teman pastinya sangat canggung bukan? Bertamu sering kita lakukan untuk membantu mendekatkan hubungan yang kita jalin dengan orang lain. 

Tentunya segala tindakan selalu dijaga agar tidak membuat pemilik rumah merasa terganggu dan tidak nyaman akan kehadiran kita.
Berikut ini tips untuk menjaga kesopanan saat sedang bertamu ke rumah teman.

  1. Pertama, Anda harus mengetuk rumah dengan sopan. Saat pintu rumah dibuka, ucapkan salam hangat kepada pemilik rumah dengan senyuman. Meskipun hubungan Anda dengan teman Anda sangat dekat hal tersebut akan menunjukan kesopanan dan menghormati anggota keluarga di rumah tersebut.
  2. Saat berkunjung pastikan Anda selalu meminta izin saat akan melakukan sesuatu seperti saat ingin ke kamar mandi. Hal ini dikarenakan perbedaan aturan di setiap rumah. Seperti halnya saat ingin memasuki rumah harus melepaskan alas kaki terlebih dahulu. Tentunya pemilik rumah akan sungkan saat melarang tamu maka dari itu kita sebagai tamu harus sadar akan tindakan non verbal yang dilakukan oleh pemilik rumah. Menurut Larry Samovar dan Richard Porter (dalam Deddy Mulyana, 2010), komunikasi nonverbal mencakup semua
    rangsangan (kecuali verbal) dalam berkomunikasi dihasilkan oleh individu dan memiliki makna dari perilaku yang disengaja maupun tidak disengaja.
    Contohnya saat pemilik rumah terlihat gugup ketika Anda meminta izin untuk melihat rumahnya, tindakan tersebut menunjukan keraguan pemilik rumah dan merasa tidak nyaman akan permintaan kita. Sebaiknya kita menghindari hal-hal tersebut.
  3. Saat berkomunikasi dengan teman kita harus memperhatikan lingkungan sekitar dan menjaga nada bicara kita agar tidak mengganggu karena terlalu berisik saat sedang berkomunikasi. Perkataan yang kita ucapkan juga harus dijaga agar tidak menyinggung dan mengatakan hal yang tidak sopan. Saat berbicara dengan orang yang lebih tua kita juga harus menyesuaikan gaya bicara agar lebih sopan.
  4. Saat ditawarkan makanan atau minuman oleh pemilik rumah sebaiknya kita tidak meminta hal yang berlebihan dan merepotkan pemilik rumah.
  5. Pastikan ketika Anda berpamitan kepada pemilik rumah ketika ingin pulang. Gerakan non verbal seperti bersalaman dengan orang tua teman Anda sebelum pulang menunjukan kesopanan dan menghormati orang yang lebih tua.
    Semoga kelima tips diatas dapat membantu Anda agar selalu terjalin hubungan yang baik saat bertamu ke rumah teman Anda. Tentunya, pandangan pemilik rumah kepada Anda menjadi positif karena sopan dan santun saat sedang berkunjung.

Daftar Pustaka:

Deddy, Mulyana. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline