Lihat ke Halaman Asli

Aris Setya

Seniman

Uniknya Festival Kue Bolu 'Pão de Ló' di Portugal

Diperbarui: 16 April 2019   12:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok.pribadi

Akhir pekan kemarin saya berkesempatan untuk berkunjung ke sebuah kota kecil di Portugal bernama Felgueiras, kota ini terletak di wilayah utara di distrik Porto. Ada sebuah festival yang sangat tidak biasa dan sangat menarik. Festival ini disebut Festival Pão de Ló yang sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu dan digelar setiap tahunnya di pusat kota.

dok.pribadi

Pão de Ló adalah sejenis kue Bolu seperti yag ada di Indonesia,rasa dan teksturnya hampir sama.  Saya juga berkesempatan untuk melihat langsung ke pabrik yang merpoduksi salah satu kue ini yaitu Fabrica do Pão de Ló Margaride, disini kita bisa melihat proses pembuatan kue yang di panggang menggunakan loyang yang terbuat dari tanah atau semacam tembikar.

dok.pribadi

Sebenernya ini usaha rumahan yang sudah berlangsung cukup lama dan turun temurun dari keluarga sang pengusaha, selain mereka mendistribusikan kuenya ke seluruh kota kita juga bisa membeli langsung disini.

Untuk festival kali ini diikuti oleh 44 peserta yang memamerkan berbagai macam kue, permen, cokelat, dan juga wine. Pada hari sabtu kemarin Walikota Mr.Nuno Fonsesca membuka festival dengan diikuti upacara adat oleh warga sekitar yang berpakain ala kerajaan pada masa lampau.

dok.pribadi

Kue ini begitu penting untuk meraka karena sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan menjadi semacam identitas dan makanan khas mereka. Nah kalo kebetulan lagi jalan-jalan ke Portugal boleh dicoba Kue Bolu ala Portugal ini ya.

dok.pribadi

dok.pribadi

dok.pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline