Mohon tunggu...
Aris Setya
Aris Setya Mohon Tunggu... Seniman

Seniman dari tanah Jawa yang tinggal di benua Eropa

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Uniknya Festival Kue Bolu 'Pão de Ló' di Portugal

16 April 2019   03:22 Diperbarui: 16 April 2019   12:54 0 3 0 Mohon Tunggu...
Uniknya Festival Kue Bolu 'Pão de Ló' di Portugal
dok.pribadi

Akhir pekan kemarin saya berkesempatan untuk berkunjung ke sebuah kota kecil di Portugal bernama Felgueiras, kota ini terletak di wilayah utara di distrik Porto. Ada sebuah festival yang sangat tidak biasa dan sangat menarik. Festival ini disebut Festival Pão de Ló yang sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu dan digelar setiap tahunnya di pusat kota.

dok.pribadi
dok.pribadi

Pão de Ló adalah sejenis kue Bolu seperti yag ada di Indonesia,rasa dan teksturnya hampir sama.  Saya juga berkesempatan untuk melihat langsung ke pabrik yang merpoduksi salah satu kue ini yaitu Fabrica do Pão de Ló Margaride, disini kita bisa melihat proses pembuatan kue yang di panggang menggunakan loyang yang terbuat dari tanah atau semacam tembikar.

dok.pribadi
dok.pribadi

Sebenernya ini usaha rumahan yang sudah berlangsung cukup lama dan turun temurun dari keluarga sang pengusaha, selain mereka mendistribusikan kuenya ke seluruh kota kita juga bisa membeli langsung disini.

Untuk festival kali ini diikuti oleh 44 peserta yang memamerkan berbagai macam kue, permen, cokelat, dan juga wine. Pada hari sabtu kemarin Walikota Mr.Nuno Fonsesca membuka festival dengan diikuti upacara adat oleh warga sekitar yang berpakain ala kerajaan pada masa lampau.

dok.pribadi
dok.pribadi

Kue ini begitu penting untuk meraka karena sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan menjadi semacam identitas dan makanan khas mereka. Nah kalo kebetulan lagi jalan-jalan ke Portugal boleh dicoba Kue Bolu ala Portugal ini ya.

dok.pribadi
dok.pribadi

dok.pribadi
dok.pribadi

dok.pribadi
dok.pribadi