Lihat ke Halaman Asli

Nita Juniarti

Seorang Perempuan

Tips Mengisi Kelas Inspirasi Profesi Wartawan

Diperbarui: 7 Mei 2020   05:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KI Malang 7- Dokum : Monica

Wartawan adalah profesi yang jarang dikenalkan memperkenalkan cita-cita. Saat ini wartawan tidak hanya menulis di koran tapi juga dimedia digital. Wartawan juga sering disebut jurnalis. Wartawanpun banyak jenisnya. Nah, bagaimana caranya mengisi kelas profesi wartawan di sekolah dasar? Berikut tipsnya :

1. Buatlah pembukaan dengan menarik.


Pandangan pertama haruslah menggoda, selanjutnya terserah Anda. Nah, ini juga prinsip yang dipakai untuk anak-anak. Saya mengisi kelas profesi dengan pembukaan ice brieking. Ice brieking berupa permainan simpel seperti tupai pohon untuk kelas 4.5.6 dan musik aram zam-zam, bertepuk tangan untuk kelas 1,2,3. Perhatikan audiensnya kelas rendah atau tinggi untuk memberikan ice breaking.

2. Susunlah Rencana Pembelajaran yang akan di sampaikan.

Penting sekali untuk Jurnalis, sebelum mengajar memberitahukan dulu apa yang akan diajarkan. Rencana pembelajaran sederhana saja, yang merujuk pada : (1) siapa aku? (2) Apa profesiku? (3)Apa yang dilakukan profesiku setiap hari saat bekerja? (4) Di mana aku bekerja?
(5) Apa peran/manfaat dari profesiku di masyarakat? (6) Bagaimana cara menjadi aku?

3. Pilihlah model pembelajaran yang akan disampaikan

Setelah membuat RPP, model pembelajaran bisa dengan penemuan, project best learning dan problem best learning. Saya biasanya menggunakan pembelajaran penemuan, misalnya untuk menyampaikan materi siapa aku? Saya menggunakan media pesan rahasia lilin. 

Siswa diminta untuk menebak apa isi kertas kosong, yang didalamnya sudah dituliskan profesi  "Jurnalis/Wartawan" namun untuk menemukan jawabannya, siswa harus menggosok kertas HVS tersebut menggunakan bubuk coklat dan kapas agar pesan yang saya tuliskan dengan lilin bisa terlihat. 

Anak-anak biasanya antusias dengan metode ini. Saya juga menggunakan meta card yang ditempelkan di papan tulis untuk menjelaskan profesi saya.

4. Setelah penjelasan, ajaklah siswa bermain peran sebagai wartawan

Yang terbaik dari pembelajaran adalah praktek, ajaklah siswa untuk terlibat menjadi wartawan. Jika anda membawa id card atau memakai baju yang biasanya liputan, pinjamkanlah kepada mereka. Ini akan membuat lebih semangat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline