Lihat ke Halaman Asli

Rancangan Aplikasi Inspiring Course: Manjakan Siswa Belajar dengan Fitur Pesan Les

Diperbarui: 28 September 2020   09:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

MALANG, lima mahasiswa Universitas Negeri Malang yang tergabung dalam tim PKM-K akan menciptakan trobosan baru di bidang pendidikan. Hal ini dilandasi karena selama siswa melakukan pembelajaran baik di sekolah maupun pada bimbingan belajar masih terikat dengan tata cara dan aturan tertentu.

Kendati hal tersebut, tim yang terdiri dari Rianti Hidaiyah, Sayyidati Fatimah A, Novi Indra Fanani, M. Syifaul Qolbi, dan Elvira Ika Prastia merancang sebuah aplikasi bernama Inspiring Course (IC).

Pada aplikasi IC memuat fitur pesan les yang mana siswa bisa melakukan pembelajaran dengan cara dan kondisi sesuai dengan keinginan siswa.

"Siswa bisa memilih tempat, waktu, siapa pengajarnya dan cara belajarnya (daring atau tatap muka) sesuka hatinya." Tutur Rianti. "Ketika melakukan pembelajaran, siswa terlebih dahulu menentukan paket belajar, memilih waktu, tempat dan pengajar yang kemudian akan muncul tampilan maps pengajar disekelilingnya." Lanjut Rianti memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang bakal dikembangkan oleh timnya.

Selain memiliki fitur pesan les, aplikasi Inspiring Course (IC) juga bakal dilengkapi dengan fitur lainnya yaitu: Sharing room, Championship room, Scholarship room, E-Class, Ten of Beloved Students, dan Final Report.

"Sebagai pendamping belajar siswa, IC memiliki banyak fitur seperti ringkasan materi, video pembelajaran, konseling, dan lain sebagainya. Jika Nokia memiliki motto connecting people, maka IC bisa dikatakan connecting student to tutor." Ujar Pak Syaiful selaku dosen pembimbing tim PKM-K tersebut.

Berdasarkan konsep yang ditawarkan, dapat diprediksi bahwa aplikasi Inspiring Course akan memanjakan siswa dalam pembelajaran dengan memberikan kemudahan dan kenyamanan yang tidak akan tergantikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline