Lihat ke Halaman Asli

Ninda febriantikarahma

MAHASISWA IAIN JEMBER

Peran Guru dalam Memilih Metode Pembelajaran

Diperbarui: 6 Mei 2020   16:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamualaikum, pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang motode pembelajaran. Metode Pembelajaran adalah suatu cara pembelajaran yang dilakukan oleh guru didalam kelas sebagai alat untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Apa sajakah metode-metode tersebut, akan dipaparkan oleh penulis sebagai berikut:

1. Ceramah
ceramah adalah penyajian pelajaran oleh guru dengan cara memberikan penjelasan secara lisan kepada siswa. Metode ini merupakan metode yang banyak digunakan oleh guru saat pembelajaran. Dalam Metode ini peran gurulah yang sangat penting. Dengan menggunakan metode ini guru akan dengan mudah menguasai kelas. 

Metode ini memiliki kelebihan yaitu guru dapat menerangkan dengan baik, lebih efisien dan juga ekonomis dalam hal waktu. Selain memiliki kelebihan, metode ini juga memiliki kekurangan. Yaitu peserta didik cenderung pasif karena hanya mendengarkan paparan yang disampaikan oleh guru, mudah menimbulkan salah tafsir mengingat cara memahami materi setiap anak berbeda dan bisa juga memahami dari berbagai arah, dan tidak jarang siswa tidak faham dengan suatu istilah asing.

2.  Demontrasi
metode demontrasi adalah suatu cara penyajian pembelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan suatu proses, situasi atau benda. Baik dalam bentuk asli atau dalam bentuk tiruan. Metode ini memiliki kelebihan yaitu menambah keaktifan siswa didalam kelas, menambah pengalaman siswa, dan membantu siswa mengingat materi cukup lama. Selain memiliki kelebihan metode ini juga memiliki kekurangan yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama, membutuhkan tempat dan alat peraga yang cukup sehingga dapat menunjang jalannya pembelajaran.

3. Tanya jawab
Metode tanya jawab cara penyampaian materi pelajaran melalui interaksi yang dilakukan secara dua arah yaitu guru kepada siswa dan sebaliknya. Kelebihan dari metode ini adalah menjadikan siswa berperan aktif didalam kelas, memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan menjadikan guru dapat mengetahui sejauh mana penangkapan siswa terhadap materi yang disampaikan. 

Kelemahan dari metode ini adalah membutuhkan waktu yang lama dan terkadang dapat menjadikan suatu pembahasan keluar dari topik pembicaraan.
Sekian yang dapat penulis sampaikan. Terima kasih semoga bermanfaat. Wassalam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline