Lihat ke Halaman Asli

Lokasi Terbaik untuk Fotografi Daerah DKI Jakarta dan Sekitarnya

Diperbarui: 25 April 2017   07:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: http://jubsjacko.deviantart.com/art/Kota-Tua-1-257056920

Fotografi secara umum merupakan proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya. Fotografi, selain menjadi kegiatan yang mengisi waktu luang anda, juga dapat menjadi hobi untuk kalian yang tertarik terhadap foto-foto dan terutama memiliki bakat dalam hal ini serta ingin mengembangkannya.

Pada topik ini, gue bakalan ngasih beberapa lokasi yang menarik dan mendukung untuk penggunaan fotografi baik di daerah DKI Jakarta dan disekitarnya. Bukan cuma skill atau teknik pengambilan foto yang baik, sarana fotografi atau camera serta lokasi pengambilan foto juga tentunya mendukung hasil foto lu, sob. Berikut, gue bakal ngasih beberapa lokasi yang pada umumnya dipake buat foto-foto, dan pastinya bakal mendukung hasil dari jepret-jepret kalian.

  1. Kota Tua

    Kota tua yang merupakan salah satu lokasi bersejarah di DKI Jakarta ini bukan hanya identik dengan berbagai museum yang menceritakan tentang masa lalu Jakarta, tetapi juga memiliki ‘spot’ atau daerah tertentu yang dapat digunakan untuk mendukung hasil jepretan kalian.

  2. Bundaran HI

    Bundaran HI atau yang pada umumnya disebut Hotel Indonesia, tentunya identik dengan monumen selamat datang dan juga berbagai gedung-gedung tinggi lainnya. Seandainya lo tertarik untuk menambah koleksi foto lo disini, gue saranin untuk coba datang waktu malam tiba dan menggunakan settingan low speed dikarenakan cahaya dari lampu kendaraan dan daerah sekitar situ sangat mendukung untuk hasil foto yang lo ambil.

    Sumber: https://www.flickr.com/photos/kaffah/6719013891


    Sumber: https://hiveminer.com/Tags/bundaran,night/Interesting


  3. Monumen Nasional (Monas)
    Monumen Nasional atau monas yang merupakan salah satu ciri khas DKI Jakarta dan Indonesia, juga bisa digunakan sebagai objek fotografi kalian baik saat siang hari ataupun malam hari.

    Sumber: http://www.panoramio.com/photo/23490848


    Sumber: https://www.tripadvisor.com/LocationPhotoDirectLink-g294229-d379339-i185027219-National_Monument_MONAS-Jakarta_Java.html

  4. Beberapa café, serta artspace dan tempat nongkrong lainnya
    Café dan artspace bukanlah hal yang langka lagi baik di Jakarta maupun daerah-daerah lainnya. Café pada umumnya digunakan oleh kaum muda sebagai tempat untuk nongkrong atau bersantai, dan juga untuk meeting para pekerja kantor untuk membahas sesuatu. Tapi sebenernya penggunaan café gasebatas itu aja, justru bisa juga digunakan sebagai salah satu lokasi pengambilan foto yang bagus.  Seperti contohnya yaitu Kopi Manyar yang terletak di Bintaro, dan Nala Coffee di Cilandak. Artspace merupakan pameran berbagai lukisan dan seni lainnya yang dipajang pada lokasi tersebut. Nah, dua artspace yang terkenal biasanya RUCI artspace di sekitar Senopati atau Gunawarman, dan dia.lo.gue di Kemang, berikut akan gue kasih foto tentang semua lokasi itu.

    Lokasi : Kopi Manyar. Sumber : http://manual.co.id/directory/kopimanyar/


    Lokasi : Nala Coffee. Sumber : http://manual.co.id/directory/nala-coffee/


    Lokasi : RUCI Artspace. Sumber : http://inhype.com/read/it-does-not-feel-like-home-in-rumah-by-anton-ismael


    Lokasi : Dia.Lo.Gue Artspace. Sumber : http://www.whatsnewjakarta.com/art-galleries-around-kemang/

  5. Beberapa accessible rooftop & Parkiran mall
    Di Jakarta dan daerah sekitarnya hingga BSD, banyak terdapat gedung-gedung skyscraper atau pencakar langit yang terkadang memiliki akses untuk menuju ke rooftop atau atap gedung. Penggunaan atap gedungsendiri terkadang bisa untuk lokasi fotografi yang menakjubkan dikarenakan view-nyayang sangat bagus terutama saat di malam hari seperti sudirman park, danbeberapa lokasi lainnya. Terakhir, lokasi yang sangat mendukung saat malam hariadalah parkiran mall. Selain untuk parkir, parkiran pada mall tertentu bisadigunakan sebagai tempat untuk fotografi juga dikarenakan cahaya yang mendukungpada malam hari dan lokasi yang mendukung. Parkiran pada umumnya seperti Aeonmall BSD, ITC BSD, dan Plaza Senayan.

    Sumber : Instagram.com/ramskiputra


    Sumber : instagram.com/ramskiputra


    Sumber : Instagram.com/theodoredaniel


    Sumber : Instagram.com/theodoredaniel

Itulah beberapa lokasi yang kira-kira dapat mendukung banget hasil fotografi lo guys! Tapi, masih banyak lagi lokasi-lokasi random yang bisa dicari sama kalian entah itu dari jembatan penyebrangan, atau bahkan tempat-tempat lainnya yang kalian gunakan secara iseng-iseng jepret aja dan mungkin bisa menjadi salah satu tempat yang hits karena hasil iseng-iseng dari jepretan kalian. Kira-kira itu aja informasi dari gue untuk topik ini, semoga bermanfaat dan selamat jepret-jepret!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline