Lihat ke Halaman Asli

Neneng Uswatun Hasanah

Digital Marketing Enthusiast

Terus Berinovasi dan Berani Bersaing, Kunci Sukses Berbisnis di Era Serba Pesat

Diperbarui: 11 April 2023   12:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Memulai bisnis bukanlah hal yang mudah. Namun, hal tersebut tidak menghalangi banyak orang untuk mencoba peruntungan membuka usaha mereka sendiri dengan mengembangkan produk yang kualitasnya tidak kalah dari brand-brand besar yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis.

Berbisnis di era digital dengan memanfaatkan platform online dianggap lebih praktis dan membantu memudahkan proses pemasaran hingga transaksi. Tidak sedikit pula bisnis online yang terbukti mampu menghasilkan omzet yang menggiurkan.

Dikutip dari blog Niagahoster, kebanyakan pebisnis baru memanfaatkan media sosial dan marketplace untuk memasarkan produk mereka karena gratis dan mudah digunakan. Belum lagi dengan jumlah pengguna marketplace yang semakin banyak, berjualan di marketplace dianggap amat menjanjikan meski perang harga dan persaingan yang ketat.

Untuk bisa bertahan di tengah persaingan ketat tersebut, pebisnis harus bisa meningkatkan promosi dan memperluas jaringan pemasaran. Ade Syah Lubis, CEO Niagahoster, mengatakan, memanfaatkan hanya satu platform di era digital saat ini cukup membahayakan bagi bisnis. "Pasalnya, media sosial dan marketplace memiliki masa naik dan turun di mata penggunanya," ujarnya.

Menjadi Investasi Jangka Panjang

Dengan perkembangan teknologi yang diprediksi belum akan berhenti hingga beberapa dekade mendatang, bahkan akan terus berkembang pesat, bisnis yang digerakkan secara online pun menjadi sebuah investasi jangka panjang yang patut dilakukan. 

Menggeluti bisnis dan mengembangkan aset digital juga akan memperluas dominasi bisnis di bidang produk yang ditawarkan. Dilansir dari blog Niagahoster, hal tersebut disebabkan karena pebisnis online bisa tetap menjalankan bisnis di mana pun dan kapan pun karena semua kegiatan dioperasikan secara online.

Pengguna aktif internet yang sudah mencapai 204,7 juta pun menjadi alasan banyak bisnis dan perusahaan yang melakukan transformasi digital untuk meraih potensi pasar yang besar dan luas. Pelanggan pun sudah semakin merasa nyaman dengan berbelanja online karena bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun di tengah kesibukan mereka.

Membangun website bisnis pun menjadi semakin penting untuk menjangkau pasar lebih luas yang belum tercover oleh media sosial dan marketplace. Selain itu, website ternilai lebih baik dan lebih tepat untuk kegiatan branding karena dapat dimodifikasi tampilannya sesuai dengan keunikan brand atau produk.

"Memiliki website berarti memiliki rumah sendiri yang bisa diatur tampilan dan kontennya sesuai dengan karakter dan keunikan bisnis serta kebutuhan target pasar," lanjut Ade.

Berani Bersaing di Berbagai Platform

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline