Lihat ke Halaman Asli

NAEHAN SIAHAAN

NAEHAN SIAHAAN

Menggambar Makara

Diperbarui: 25 Juli 2022   21:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi



Makara, makluk legendaris dalam mitologi Hindu yang sering diasosiasikan dengan air dan digambarkan sebagai wahana atau kendaraan dewa.

Hi teman-teman, kali ini saya mencoba membuat gambar Makara. Menurut Wikipedia, Makara adalah sebuah makluk legendaris dalam mitologi Hindu yang kerap digambarkan dalam seni rupa Hindu-Buddhha Asia Selatan dan Tenggara. 

Nama Makara merupakan Bahasa Sansekerta yang kurang lebih bermakna "naga laut" atau "makluk air". Makara umumnya digambarkan sebagai hewan campuran; bagian badan dan ekor makara mengadaptasi hewan-hewan air bersisik seperti ikan atau buaya sementara bagian kepalanya merupakan campuran dari mamalia yang meliputi gajah, rusa, dan celeng. Sebagai makhluk air, makara dikonotasikan dengan air yang membawa kehidupan, kesuburan, serta tumbuh-tumbuhan. 

Penggunaan makara sebagai ornamen di Indonesia paling sering ditemukan pada candi. Makara umumnya digunakan pada bingkai pintu atau relung bersama ornamen kala sebagai satu kesatuan. Berdasarkan konsepnya, makara adalah makhluk dari dunia bawah yang berfungsi sebagai penolak bala terhadap energi-energi negatif yang akan memeasuki candi.

Jika teman-teman berkesempatan mengunjungi candi-candi seperti Borobudur atau Prambanan, teman-teman bias melihat bentuk-bentuk Makara secara langsung.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline