Lihat ke Halaman Asli

DyanZM

Pembelajar Segala Hal

Seri Mengenal Sekilas 4 Imam Mazhab dan Sekilas Mazhabnya: Imam Syafi'i (3)

Diperbarui: 27 Agustus 2020   05:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

*3. Imam Syafi'i*

- Nama Lengkap : Abu Abdullah Muhammad bin Idris Asy-Syafi'i.

- Lahir di Gaza, Palestina, 150 H / 767 M, bersamaan dengan tahun wafatnya Imam Hanafi, serta sekitar 57 thn kemudian dari kelahiran Imam Malik (satu masa dengan Imam Malik selama 29 thn).

- Meninggal di Mesir, 204 H / 820 M atau usia 54 thn.

- Imam Syafi'i masih tergolong kerabat Rasulullah dari pihak ayahnya (keturunan Bani Muthalib, yang merupakan keturunan Abdu Manaf, kakek dari kakek Rasulullah SAW), yakni keturunan *Al Muthalib bin Abdu Manaf* (kakek buyut dari Imam Syafi'i) dan merupakan saudara kandung dengan *Hasyim bin Abdu Manaf* (ayahnya Abdul Muthalib, -kakek Rasulullah-).

- Bani Muthalib adalah salah satu dari Suku Quraisy yang terkemuka, yang termasuk golongan yang dimasukkan oleh Rasulullah sebagai _dzawil qurba_ (kerabat dekat) bersama Bani Hasyim (keturunan Rasulullah).

- Nasab lengkap Imam Syafi'i hingga bertemu dengan nasab Nabi Muhammad SAW di *Abdu Manaf* :
Muhammad bin Idris bin Al-Abbas bin Utsman bin Syafi' bin As-Sa'ib bin Ubaid bin Abdi Yazid bin Hasyim bin Al-Mutthalib *bin Abdu Manaf bin Qushay bin Kilab* dst..  

- Perbandingannya dengan nasab Rasulullah SAW :
Nabi Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib (Syaibah) bin Hasyim (Umar) *bin Abdu Manaf bin Qushay bin Kilab* bin Murrah bin Ka'ab bin Lu'ay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin An-Nadhr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma'ad bin Adnan.

- Kemudian juga saudara kandung Abdul Muthalib bin Hasyim (kakek Nabi Muhammad SAW) bernama Syifa', dinikahi oleh Ubaid bin Abdi Yazid, yang melahirkan anak bernama As-Sa'ib, ayahnya Syafi' (kakek buyut Imam Syafi'i), dimana nama Imam Syafi'i inilah dinisbatkan, sehingga terkenal dengan nama Muhammad bin Idris Asy-Syafi`i atau Imam Syafi'i.

- Terlahir yatim, saat umur 2 thn dibawa oleh Ibunya dari Palestina ke tanah kelahiran ayah dan nenek moyangnya, daerah seputaran Hijaz, lalu ke kota Makah, dan dibesarkan di sana.

- Sejak kecil Imam Syafi'i cepat menghafal syair, pandai bahasa dan sastra Arab (belajar dengan kaum Hudzail yang sangat terkenal kefasihan bahasa arabnya), sehingga saat masih belia sudah dikenal sebagai *Ahli Bahasa & Sastra Arab serta Syair.*

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline