Lihat ke Halaman Asli

Nabil Annisa

Content Marketing

Tingkatkan Bisnis, Kenali Jenis Promosi Berikut Ini!

Diperbarui: 30 Juni 2022   11:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: shutterstock.com/id/g/Rawpixel

Dalam melakukan proses pemasaran , promosi adalah istilah yang sudah tidak asing lagi didengar diantara marketer. promosi adalah salah satu strategi pemasaran yang paling efektif dalam mengembangkan dan meningkatkan bisnis.

Sebuah promosi dapat dilakukan dalam berbagai media, seperti media cetak maupun media digital. Namun, seiring berkembangnya zaman, promosi menggunakan media digital memiliki lebih banyak peminat dibandingkan media cetak.

Berbicara mengenai promosi, apa itu promosi? apa tujuan yang ingin dicapai dari promosi? bagaimana cara menentukan strategi yang tepat untuk melakukan promosi? Untuk mendapatkan jawabannya, simak artikel berikut ini!

Baca Juga: 10+ Ide Promosi Unik Yang Bisa Tingkatkan Penjualan!

Pengertian Promosi

Promosi merupakan salah satu tahapan pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan nilai penjualan sebuah perusahaan. Dengan kata lain, promosi adalah komunikasi pemasaran yang bertujuan untuk membujuk, mempengaruhi, menyampaikan sesuatu kepada pelanggan untuk membeli barang/jasa yang ditawarkan perusahaan.

Philip Kotler mengemukakan bahwa promosi adalah strategi pemasaran yang dilakukan dalam bentuk komunikasi dengan pasar menggunakan elemen marketing mix. Sementara itu, Zimmeerer menerangkan bahwa promosi adalah salah bentuk persuasi marketer terhadap calon pelanggan untuk memberikan informasi produk yang dapat mempengaruhi mereka untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan. 

Tujuan Promosi 

Setiap aktivitas pemasaran tentu saja memiliki tujuan yang ingin dicapai, begitu juga dengan promosi. Berikut tujuan diadakannya promosi, diantaranya:

  • Menarik perhatian dan meningkatkan minat beli calon pelanggan
  • Memberikan informasi secara rinci kepada calon pelanggan terkait produk yang ditawarkan
  • Meningkatkan branding, angka penjualan, hingga keuntungan perusahaan
  • Meningkatkan keunggulan dan daya saing dengan kompetitor
  • Mendapatkan pelanggan baru
  • Menyebarkan informasi produk dan perusahaan
  • Meningkatkan asumsi dan minat beli pelanggan

Baca Juga: Mau Promosi Bisnis lewat Media Sosial, Mulai dari Mana, ya?


Jenis - Jenis Promosi

Selain tujuan, berikut jenis - jenis promosi yang harus Anda ketahui dalam menjalankan sebuah bisnis!

A. Promosi fisik

Promosi fisik adalah bentuk pemasaran yang biasanya dilakukan pada kegiatan tertentu di sebuah booth, seperti konser, bazar, pameran, dan masih banyak lagi.

B. Promosi media tradisional

Promosi media tradisional adalah promosi produk yang menggunakan media koran, majalah, tv, radio, iklan banner, baliho, dan media cetak lainnya.

C. Promosi digital

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline