Lihat ke Halaman Asli

Nabilah Rihadatul Aisy

Universitas Pendidikan Indonesia

KKN di Desa Pangadegan, Kabupaten Tangerang

Diperbarui: 24 Agustus 2022   23:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumen pribadi

Pada periode bulan Juli dan Agustus 2022, mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan kegiatan pendataan dan pendampingan keluarga miskin penerima bantuan sosial di Desa Pangadengan, Kabupaten Tangerang. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pemenuhan tugas KKN yang diselenggarakan oleh kampus.

Kegiatan dilaksanakan dalam kelompok kecil yang terdiri dari 6 mahasiswa. Kegiatan berfokus kepada bantuan sosial, BLT. Melalui random sampling atau sampel acak mahasiswa diharuskan berinteraksi langsung dengan 12 keluarga miskin penerima BLT di Desa pangadegan.

Sumber: Dokumen pribadi

Kegiatan tersebut menunjukkan bahwa usia rata-rata penerima BLT di Desa Pangadegan adalah 40-60 tahun, dengan masing-masing memiliki 1-3 tanggungan anggota keluarga. Status penerima BLT rata-rata adalah janda, sedangkan yang bukan janda, suaminya tidak dalam kondisi dapat mencari nafkah.

Sumber: Dokumen pribadi

Para penerima BLT di Desa Pangadegan mengaku sangat terbantu dengan adanya program BLT. BLT membuat mereka dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terutama bagi para pedagang, BLT sangat membantu mereka dalam modal usaha. Adapun kendala yang dialami oleh kelompok dalam pelaksanaan kegiatan adalah sulitnya mencari rumah penerima BLT di Desa Pangadegan, meski sudah berbekal alamat yang tepat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline