Lihat ke Halaman Asli

Masjid Merah Itu Menarik Hatiku

Diperbarui: 11 Mei 2023   11:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.pri

Perjalanan tour ziarah ku bersama rombongan sudah sampai pada akhir acara. Ya'ni SHALAT ASHAR di MASJID MERAH. Dilihat sekilas mirip Madjid Cheng Hoo, warnanya dominan merah. Tetapi ternyata ada perbedaan, masjid Cheng Hoo, meski dominan merah, masih ada warna lain yaitu hijau dan kuning ke emasan. Struktur bangunan lebih mengarah pada model ke Cina an. Sementara masjid merah, piur warna merah dan hanya 5-10 % saja warna putih. Masjid ini terletak di tanah yang menurutku tidak terlalu luas, tetapi terhitung lumayan untuk para wisatawan lokal singgah dan melepas semua kepenatan. 

dok.pri

Ada resto menarik didepan masjid yang dikelilingi oleh ornament mirip Bali. Payung, becak kuno, patung kuda, dan kolam kecil yang semua view nya menghadap masjid. Cuaca dan suasananya sungguh amat sangat sejuk dan menenteramkan jiwa. Penulis sempatkan diri untuk mampir ngopi dan ber Selfi ala-ala anak muda jaman now, sambil ngobrol bersama teman di kursi pojok yang pemandangan nya mengarah ke gunung putri tidur di daerah Malang. Lumayan buat ngusir kepenatan pikiran. Sesekali tersenyum sendiri saat melihat tingkah polah teman-teman sebaya yang "lupa usia" karena pesona masjid merah. 

Memang benar, sebuah Madjid tidak akan berdiri kokoh diatas sebidang tanah, kecuali dulu, pernah diturunkan nur Jannah (cahaya syurga) diatas tanah itu. Terbukti, setiap kali penulis masuk ke area masjid dan duduk tafakur di masjid, hati ini terasa tenteram dan dekat dengan sang Kholiq. Kadang air mata meleleh tak terasa, saat tangan tengadah untuk nya. Tak terkecuali masjid merah ini. Daya "magic" nya luar biasa, mampu menghipnotis semua wisatawan. Semoga suatu hari, bisa kembali lagi...

Pandaan, 10 Mei 2023

Musiroh Muki 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline