Lihat ke Halaman Asli

Namika Wiliam

Just Hobby

Mahasiswa KKN Unimal Membudidayakan Tanaman Obat Herbal untuk Masyarakat

Diperbarui: 24 November 2021   12:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Kepada Masyarakat (KKN PPM), Universitas Malikussaleh Kelompok 124 menanam tanaman obat herbal  di Desa Mane Tunong, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Senin (22/11/2021).

Tanaman untuk obat herbal tersebut seperti, kunyit, betadine, kencur, daun pandan, jahe merah, serei merah, lengkuas, sirih cina, lidah buaya, cocor bebek dan dan tagates minuta (bungoeng meuh).

Masing-masing mahasiswa tersebut Muhammad Fajar Maulana (Sistem Informasi), Muhammad Dimas Aulia Farhan (Sistem Informasi), M. Vikram (Ilmu Politik), Sri Wahyuni (Agribisnis), Maulina (Agribisnis), Khattul Humaira (Agribisnis), Lisnawati (Agribisnis), Rosmanidar (Teknik Kimia), Ainil Mukarramah (Teknik Kimia), Suwaibah (Akuntansi). Mereka semua dibawah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Ikramuddin, S.E.,M.Si.

Tanaman herbal adalah tumbuhan yang telah diidentifikasi dan diketahui berdasarkan pengamatan manusia memiliki senyawa yang bermanfaat untuk mencegah, menyembuhkan penyakit, melakukan fungsi biologis tertentu, sehingga mencegah serangan-serangan dan jamur.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan penanaman herbal ini dapat membantu masyarakat Desa Mane Tunong dalam meningkatkan imunitas tubuh dengan dibuat menjadi jamu atau minuman herbal yang dapat dibuat sendiri dirumah," ujar Maulina.

Sementara itu masyarakat setempat juga mengatakan, kegiatan penanaman tanaman obat herbal ini sangat positif sekali dan sangat bermanfaat bagi masyarakat di Desa Mane Tunong dan sekitarnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline