Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Kinerja dengan Membangun Komitmen Karyawan

Diperbarui: 12 Maret 2019   06:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya, (Mangkunegara 2005). 

Kinerja merupakan suatu fungsi dari motivasi dan kemampuan yang merupakan hal sangat penting dalam upaya perusahaan untuk mencapai tujuannya. 

Sedangkan pengertian dari manajemen kinerja adalah proses berkelanjutan yang mengidentifikasi, mengukur, mengembangkan kinerja individu dan kelompok (tim), serta menyelaraskannya dengan tujuan strategis organisasi (Aguinis 2007).

Karyawan yang baik adalah karyawan yang memiliki disiplin dan kemampuan dalam menjalani pekerjaan yang diberikan, memiliki IQ yang baik sehingga mudah mencapai kinerja yang baik dan termotivasi untuk melakukan sesuatu terhadap organisasinya. 

Sedangkan karyawan dengan kinerja rendah adalah karyawan yang dianggap tidak memiliki kemampuan dan kondisi dalam diri untuk menggerakkan individu tersebut menjadi lebih baik, tidak mampu menerima nilai-nilai dan kesesuaian preferensi yang diinginkan dari pekerjaan dan orang-orang dalam organisasi (Hanum 2013).

Pada perusahaan tentu tidak semua karyawannya memiliki kinerja yang baik, pasti ada pula karyawan yang menunjukkan kinerja yang buruk. 

Biasanya ditunjukkan dengan kurangnya semangat bekerja pada karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan, ketidakdisplinan dalam bekerja yaitu tidak memperhatikan jam masuk kantor, menggunakan jam istirahat dengan seenaknya, melakukan beberapa pekerjaan masih harus diawasi dan tidak mampu bekerja sama dengan baik dengan sesama karyawan maupun atasan. 

Hal tersebut merupakan suatu masalah yang terkait dengan kinerja karyawan yang dialami oleh perusahaan dan jika dibiarkan maka akan berdampak pada organisasi yaitu produktivitas dari karyawan yang berada di dalam organisasi tersebut. 

Dan ini menjadi acuan penting bagi pihak-pihak yang berkaitan seperti HRD agar lebih memerhatikan kinerja dari karyawannya karena termasuk faktor penting dalam peningkatan kualitas dari organisasi. 

Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi kinerja karyawan seperti kemampuan individu, pendidikan, keterampilan, kompensasi, motivasi, lingkungan kerja serta komitmen pada organisasi.

Perusahasan tidak akan mampu melakukan kekuatan internalnya dari sisi SDM jika karyawan yang ada memiliki komitmen yang rendah. Konsep komitmen menjadi semakin sulit diaplikasikan mengingat banyak perusahaan menggunakan sistem kontrak kepada karyawannya karena komitmen merupakan keterikatan seorang individu dengan organisasinya, maka cukup sulit mengharapkan komitmen yang kuat dalam kondisi ini. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline