Lihat ke Halaman Asli

Wisata Sambil Observasi Pulau Kodingareng Keke

Diperbarui: 24 Juni 2015   21:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Wisata sambil observasi, begitulah kebiasaan yang saya lakukan saat berwisata alam. Saya mencoba bersenang-senang sambil belajar banyak dari alam yang penuh dengan keistimewaan yang diciptakan tuhan.

Postingan kali ini saya akan membagi cerita dan sharing ilmu ekologi sedikit dari apa yang saya pelajari di bangku kuliah jurusan saya Biologi.

Indonesia merupakan negara kepulauan, tidak salah negara lain harus mengakui itu karena Indonesia memang punya banyak pulau besar maupun kecil, berpenghuni maupun tidak.

Kebanyakan pulau di Indonesia belum dilirik oleh para pelancong lokal maupun asing. Kurangnya informasi tentang keberadaan pulau-pulau tersebut membuat kadang keberadaan mereka terabaikan. Banyak dari pulau-pulau tersebut menghilang sebelum diketahui siapapun.

Pulang Kodingareng keke salah satu pulau yang berada tak jauh dari kota Makassar Sulawesi Selatan yang memiliki keindahan g tak kalah dengan pulau-pulau terkenal lainnya yang ada di Indonesia. Untungnya walaupun pulau ini tak terurus namun banyak juga wisatawan yang sempat kesana. Tak banyak yang kenal pulau ini, bagi para pecinta wisata alam saya kira sudah banyak dan berkali-kali ke tempat ini karena suasananya yang sangat menyenangkan untuk berwisata dan menikmati libur.

Dari segi Ekologi kelautan ikan-ikan kecil banyak di sekitar bibir pulau, mereka memanfaatkan karang untuk tempat tinggalnya. Pulau ini masih bersih dan alami, mungkin karena tak banyak manusia yang merusak. Pasir putih yang berkilauan saat memantulkan cahaya matahari ketika itu pula saya melihat hewan molusca Kerang banyak terlihat. Bintang laut Asterias sp juga salah satu penghuni pulau yang banyak terlihat. Tak banyak hewan darat yang menjadi penghuni pulau tersebut. Tumbuhan yang terlihat kebanyakan adalah cemara laut Casuarina equisetifoli.

Tingkat salinitasnya pun tak terlalu tinggi. Tumbuhan dasar laut yang terlihat kebanyakan Thallophyta dari sinilah ikan kecil mendapatkan makanan selain dari Fitoplankton. Memang pulau ini terlihat tak berpenghuni dan tak ada kegiatan, namun bagi saya ada banyak aktivitas alam yang terjadi di pulau Kodingareng Keke.

Interaksi mahluk hidup dengan lingkungannya terus terjadi. Kita mungkin menganggap pulau Kodingareng Keke tak begitu berharga tapi lain halnya untuk mereka hewan seperti kerang, bintang laut, ikan kecil, terumbu karang, fitoplankton dan zooplankton juga untuk tumbuhan thallophyta dan cemara laut. Pulau kodingareng Keke adalah relung habitat mereka melangsungkan hidup yang tak kalah berarti buat mereka bahkan untuk kita yang sangat sulit menghargai karena kurang peduli.

Mari kita saling menjaga ekosistem karena kita ada di tempat yang sama yang saling berkaitan yaitu di Bumi mega Bio ciptaan tuhan.





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline