Lihat ke Halaman Asli

Pancasila sebagai Ideologi Negara

Diperbarui: 28 Oktober 2021   23:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pancasila sebagai ideologi negara mengandung arti bahwa Pancasila dijadikan pedoman oleh bangsa Indonesia dalam menjalankan kehidupannya. Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila menjadi dasar masyarakat dalam pergaulan, kehidupan beragama, hak asasi manusia dan gotong royong.

1. Pengertian Ideologi
Ideologi berasal dari bahasa Yunani, yang berasal dari 2 kata, ide dan logos, ide berarti ide, gagasan, pemikiran atau konsep, sedangkan logos berarti hasil pemikiran. 

Dengan demikian, berdasarkan bahasa, ideologi adalah ilmu yang mencakup kajian tentang asal usul, serta hakikat pemikiran atau gagasan. 

Ideologi disebut juga sistem gagasan yang akan mengatur segala hasil refleksi kehidupan, kemudian menganugerahkannya dengan berbagai cara, serta kebijakan dan strategi, di mana tujuan yang ingin dicapai sesuai dengan realitas nilai-nilai yang ada dalam filsafat yang menjadi sumbernya. 

Artinya dapat disimpulkan bahwa ideologi adalah hasil pemikiran yang isinya memuat nilai-nilai tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang ingin dicapai. Ideologi disebut juga sebagai identitas suatu negara. Karena ideologi sebenarnya memiliki fungsi yang sangat penting bagi suatu negara, dimana ideologi digunakan sebagai sesuatu yang memperkuat identitas masyarakat suatu bangsa.

2. Fungsi Ideologi
Seperti halnya kartu identitas yang umumnya dimiliki oleh setiap orang sebagai dokumen identitas, ideologi juga dapat digunakan sebagai tanda pengenal suatu bangsa, orientasi kognitif dan fundamental.Sebagai fungsi kognitif, ideologi dapat dijadikan dasar bagi suatu bangsa untuk hidup di dunia. 

Fungsi orientasi dasar artinya ideologi adalah sesuatu yang dapat digunakan sebagai sumber intuisi dan makna bagi manusia, juga dapat menjadi pedoman bagi rakyatnya dalam mencapai tujuan. Ideologi menempati tempat sentral bagi setiap bangsa. pencapaian tujuannya. 

Peran ideologi lainnya adalah sebagai alat untuk mencegah munculnya berbagai konflik dalam masyarakat, tentunya dengan tujuan agar masyarakat dapat hidup damai dan sekaligus memiliki rasa solidaritas yang tinggi. peran pemersatu bangsa.

Karena hampir semua bangsa di dunia memiliki keragaman suku, bahasa, adat istiadat, budaya dan agama. Ideologi di sini berperan sebagai pemersatu dari keragaman yang ada sehingga masyarakat. 

Tentunya dimaksudkan untuk menciptakan kehidupan bernegara yang baik. Ideologi sebagai identitas bangsa Indonesia dapat dilihat dari ideologi Pancasila yang dimilikinya. Ideologi Pancasila dirumuskan oleh Komite Sembilan berdasarkan pidato Ir. Soekarno.

3. Kedudukan Pancasila dalam Kehidupan Kenegaraan
Perumusan Pancasila sebagai ideologi negara merupakan proses yang panjang, berbagai penafsiran filosofis dan ideologis dilakukan untuk mencapai nilai-nilai yang kita kenal sekarang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline