Lihat ke Halaman Asli

Masluha

Mahasiswa IAI Syarifuddin Lumajang

Seorang Balita Bermain Lato-lato Terbang

Diperbarui: 14 Januari 2023   21:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

 

      

Di penghujung  tahun  2022 menjelang  tahun  2023 ada sebuah permainan yang sangat dan sangat viral: LATO-LATO  Ya itulah sebutannya, atau namanya.teketek lato-lato adalah sebuah permainan yang sekarang sedang buming diseluruh penjuru dunia dan seolah-olah dari sabang sampai merouke pun semua menyukai permainan yang bentuknya bulat-bulat kecil lebih kecil daripada bola pimpong ini, yang menarik disini adalah dari warnanya yg berwarna warni seperti pelangi sehingga siapapun yang melihatnya akan tertarik. Buktinya molai dari balita, anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan yang tua sekalipun pada kecanduan permainan ini.

Musim lato-lato ini berdampak sangat positif pada pengusaha mainan, karena omsetnya yang sangat luar biasa langsung naik secara drastis dimulai dari beberapa karung dan puluhan karung hingga ratusan karung perharinya.. Harga dari grosir asalnya 2000 mereka bisa jual 7000 bahkan 9000 per pasang [2 biji]. 

Bukan pengusaha mainan yg besar saja mengatakan bahwasanya permainan lato-lato ini sangat menguntungkan tapi PKLpun berkata demikian, mereka  yang berjualan di sekolahan, di pemandian, di area alun-alun di tempat-tempat wisata bahkan di pinggir-pinngir jalanpun semua pada bilang musim lato-lato ini sangat membawa berkah bagi mereka, karena setelah sekian lama kurang lebih 3 tahun para pedagang tidak berjualan dikarenakan masa pandemi yg sangat merugikan.

 

   

Dokpri

  Dimanapun kita berada pasti kita temukan anak-anak bermain lato-lato, mereka tidak pernah meninggalkan mainan ini.kemanapun. Mereka pergi pasti akan membawanya, baik itu ketika makan, nonton tv, bahkan kesekolahpun mereka membawanya .Sehingga gurunya terpaksa menyita lato-lato muridnya, dikarenakan pada waktu pelajaran ada saja muridnya yg nakal memainkan permainan tesebut. 

Sehingga mengganggu proses belajar mengajar dikelas. Setelah di telusuri dan ditanya oleh gurunya siapa saja yang mempunyai lato-lato ternyata 99% muridnya baik itu laki-laki maupun perempuan mempunyainya.

 Yang membuat heboh kemarIn tepatnya jam 11.00 siang didesa boreng krajan 1, RT 2 RW 2 jalan kyai mukri kecamatan lumajang kabupaten lumajang masyarakatnya pada berlarian karena katanya ada seorang balita bisa bermain lato-lato  hingga terbang 1 meter lebih. Pak RT nya juga jadi ikut penasaran ingin  melihat keanehan/keahlian si bocah yang menggamparkan desanya itu. 

Usut punya usut setelah pak Rt mengecek kebenarannya ternyata si bocah yang masih ber umur 13 bulan itu bermain lato --latonya sambil digendong oleh ibunya sembari di angkat keatas. Alhasil masyarakat yang berkerumun pada mengelus dada dikira didesanya ada seorang balita  yg mempunyai keahlian yang luar biasa beneran. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline