Lihat ke Halaman Asli

4 Karakter Gaya Penyajian KRJOGJA.com

Diperbarui: 5 Maret 2019   11:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Meski menjadi koran tertua dan namanya sudah cukup melegenda di kalangan masyarakat DIY-Jateng, Kedaulatan Rakyat (KR) terus berupaya mengikuti perkembangan zaman. Sejak 2009 silam, KR telah mencoba merambah ke dunia online dengan situs web www.krjogja.com. Hal tersebut dilakukannya agar nama besar KR dapat tetap eksis dan terus berkiprah. Semenjak berdirinya itu, rebranding sempat beberapa kali dijalankan guna mendapatkan komposisi yang pas.

"Mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan zaman, sekarang semuanya sudah serba teknologi. Kalau tidak buka online ya lama kelamaan akan gulung tikar," ujar pemimpin redaksi Agung Purwandono, Selasa (19/02/2019).

Berikut merupakan 4 karaktergaya penyajian KRJOGJA.com:

1. Memilih Justify

Menelisik lebih dalam, ternyata KRjogja.com memiliki perbedaan-perbedaan gaya penyajian dengan media lain. Ketika pada umumnya portal berita online menampilkan berita dengan tulisan rata kiri, KRjogja.com justru masih mempertahankan gaya milik cetak yaitu dengan tulisan rata kanan-kiri. Alhasil, beberapa masyarakat pun menilai bahwa tulisan-tulisan tersebut seakan menjadi lebih kaku dan padat.

gaya-penyajian-5c7df9fa6ddcae06f628c0e2.jpg

2. Judul Penunjang SEO

Walakin, penulisan judul didalamnya tetaplah menggunakan kaidah-kaidah penulisan online pada umumnya. Kala pembuatan judul-judul, KRjogja.com mengedepankan kalimat optimis tinimbang pesisimis. Hal tersebut seperti berita PSS Wajib Kalahkan Borneo FC Minimal 2 - 0

Beberapa berita KRjogja.com juga menggunakan kalimat pasif untuk menunjang Search engine optimization (SEO), seperti Makin Digemari Kalangan Muda, Kacamata Kayu Jadi Tren. Judul-judul itu pun terhitung tidak terlalu panjang dan langsung menyosor terhadap inti tulisan. Bahkan, bisa dibilang KRjogja.com jarang menggunakan judul berita yang terkesan clickbait.

KRjogja.com pun bakal memasukkan nama tokoh ke dalam judul ketika orang tersebut cukup terkenal dikalangan masyarakat. Bahkan, judul itu akan langsung menuliskan kata yang diucapkan sang tokoh, layaknya Najwa Shihab : Jangan Lelah Berbicara Korupsi!. Hal tersebut dilakukannya juga untuk memberikan kata kunci pada artikel. 

Sehingga, masyarakat langsung mengetahui inti dari berita tersebut dan ketika ingin mencari akan lebih dimudahkan. Penggunaan bahasa KRjogja.com juga tidaklah sekaku saudara tuanya, beberapa judul telah dilakukan kombinasi dengan bahasa selingkung, salah satunya 'Mecothot' Dalam Mulut Itulah Klepon.

judul-5c7dfab0aeebe15a8f4fff84.jpg

3. Byline
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline