Lihat ke Halaman Asli

Fathan Muhammad Taufiq

TERVERIFIKASI

PNS yang punya hobi menulis

Aceh Tengah Kini Bersiap Menjadi Sentra Produksi Bawang Merah

Diperbarui: 31 Agustus 2018   14:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar, Kepala Dinas Perkebunan Aceh bersama Bupati Aceh Tengah dan Dandim 0106/Aceh Tengah melakukan panen bawang merah di Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah (Doc. FMT)

"Saya sudah lama memperoleh informasi bahwa kabupaten  Aceh Tengah memiliki potensi untuk pengembangan komoditi bawang merah, dan hari ini saya telah menyaksikan sendiri potensi tersebut, kedepan kami sudah proyeksikan daerah ini sebagai salah satu sentra produksi bawang merah di Aceh bahkan Sumatera"

Ungkapan tersebut disampaikankan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, A. Hanan , SP, MP ketika menghadiri  kegiatan panen bawang merah di Kampung Pedemun kecamatan Lut Tawar, kabupaten Aceh Tengah beberapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut Hanan menyebutkan bahwa konsumsi bawang merah masyarakat Aceh saat mencapai 333 ton pertahun. Berdasar jumlah kebutuhan bawang merah tersebut dibutuhkan areal pertanaman bawang merah seluas 4.125 hektar. "Sebagian besar lahan Aceh Tengah sangat cocok untuk tanaman hortikultura, khusus untuk komoditi bawang merah akan menjadi proyeksi khusus bagi Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, potensi yang luar biasa ini harus mampu kita optimalkan" ungkapnya.

Program pengembangan bawang merah di Kampung Pedemun tersebut merupakan bagian dari kegiatan pengembangan 20 hektar lahan Bawang Merah di Kabupaten Aceh Tengah yang didanai APBN Kementerian Pertanian. Namun itu hanya bagian kecil dari total pengembangan komoditi bawang merah di kabupaten yang terletak di dataran tinggi Gayo, Aceh ini. 

Dari data statistik pertanian semester 1 tahun 2018, luas areal pertanaman bawang merah di Kabupaten Aceh Tengah mencapai 482 Hektare, sebagian besar merupakan swadaya petani dan hanya sebagian kecil saja berasal dari bantuan pemerintah. 

Pengembangan komoditi bawang merah di daerah ini tersebar hampir di semua kecamatan, namun areal terluas berada di kecamatan Lut Tawar dan Bintang yang lokasinya berda di pinggiran Danau Laut Tawar. Kedepan, kata Hanan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh akan lebih memprioritaskan pengembangan komoditi pertanian strategis ini di dataran tinggi Gayo.

"Potensi pengembangan bawang merah disini sangat besar, kami akan prioritaskan pengembagan komoditi ini dengan skala yang lebih besar pada tahun-tahun yang akan datang, karena tingkat keberhasilan budidaya bawang merah disini sangat besar dan semangat petani untuk membudidayakan bawang merah juga sangat tinggi" lanjut Hanan.

Tak hanya berfokus pada bawang merah, Hanan juga mengungkapkan potensi hortikultura lainnya seperti cabe, kentang jeruk keprok Gayo dan Alpukat juga akan menjadi proritas penganggaran. Selain itu, Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh juga fokus untuk peremajaan tanaman kopi, membantu alat dan mesin pertanian serta kegiatan penyuluhan.

Bupati dan Dandim mendukung

Sementara itu Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar yang turut serta panen bawang hari itu menyebutkan khusus tanaman Bawang Merah perlu terus dikembangkan sesuai dengan kelayakan lahan.

"Kualitas bawang yang dihasilkan oleh petani Aceh Tengah sangat baik dan sudah mulai masuk ke pasar di pulau Jawa khususnya Jabodetabek, ini perlu terus mendapat perhatian semua pihak untuk terus dikembangkan," kata Shabela. Beliau juga sangat mengapresiasi besarnya bantuan Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh untuk pengembangan pertanian dan perkebunan di daerah itu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline