Lihat ke Halaman Asli

Rini Mardikaningsih

GURU SMA Negeri 1 Karangdowo, Klaten

Keterkaitan Peran Pendidik dalam Mewujudkan Filosofi KHD dan Profil Pelajar Pancasila dengan Paradigma Inkuiri Apresiatif

Diperbarui: 3 Desember 2022   12:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Koneksi Antar Materi Modul 1.3.a.9

Keterkaitan Antara Peran Pendidik Dalam Mewujudkan Filosofi KHD

Dan Profil Pelajar Pancasila Dengan Paradigma Inkuiri Apresiatif

oleh: Rini Mardikaningsih, S.Pd., M.Pd.

CGP Angkatan 7 Kabupaten Klaten

Visi adalah sebuah harapan besar yang menjadi mimpi di masa depan. Setiap orang harus mempunyai visi ke depan yang dirumuskan dari hasil perenungan dan pemikiran. 

Demikian juga kita sebagai seorang guru dituntut harus dapat menyusun visi yang merupakan gambaran mimpi di masa depan, jangkauan visi harus luas dan jauh ke depan melampui zamannya. Guru dituntut tidak hanya sekedar bisa mengajar, guru juga harus bisa berperan sebagai agen transformasi dalam pendidikan. 

Guru mempunyai peran penting dalam mencetak generasi dari berbagai zaman dan keadaan. Guru harus bisa menjalankan perannya sebagai agen pembaharuan meskipun mengajar di era yang berbeda dengan zaman kita sekolah dulu. 

Maka dari itu visi bukanlah sekedar slogan indah dan menakjubkan ketika dibaca, namun visi haruslah menggambarkan tujuan yang akan dicapai dengan semangat yang luar biasa dan dibutuhkan perjuangan serta pengorbanan untuk mewujudkannya.

Visi seorang guru harus selaras dengan filosofi pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Yaitu Pendidikan bertumpu pada Trilogi Pendidikan Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline