Lihat ke Halaman Asli

Laila Maratus

Mahasiswa Perbankan Syariah UIN Malang

Dampak Pelaksanaan Hak dan Kewajiban Tidak Dibarengi dengan Tanggung Jawab

Diperbarui: 29 November 2022   22:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

DAMPAK PELAKSANAAN HAK DAN KEWAJIBAN TIDAK DIBARENGI DENGAN TANGGUNG JAWAB

Setiap manusia memiliki hak dan kewajiban serta tanggung jawab. Hak dan kewajiban merupakan dua hal yang tida dapat untuk dipisahkan dalam kehidupan. Untuk menapai keseimbangan antara keduanya kita harus mengetahui posisi kita sebagai warga negara. Lantas apakah hak dan kewajiban itu?

Di negara indonesia hak dan kewajiban warga negara sudah diatur dalam Undang- Undang Dasar tahun 1945 Pasal 27 hingga Pasal 34. Setiap warga negara harus menerima hak dan menjalankan kewajiban yang sudah ditetapkan tersebut. Tepatnya pada pasal 28 sebagai berikut:

  • 28 A: hak untuk hidup.
  • 28 B: hak berkeluarga dan memiliki keturunan.
  • 28 C: hak mengembangkan diri dan mendapatkan keturunan.
  • 28 D: hak atas perlindungan hukum.
  • 28 E: hak memeluk agama.
  • 28 F: hak untuk mendapatkan informasi.
  • 28 G: hak atas perlindungan diri dan keluarga.
  • 28 H: hak hidup sejahtera dan bertempat tinggal.
  • 28 I: hak untuk tidak di siksa dan kemerdekaan berpikir.
  •  28 J: wajib menghormati hak asasi manusia lain.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hak adalah bentuk kebenaran, kepemilikan, kewenangan, kekuasaan, derajat dan wewenang menurut hukum. Sementara kewajiban menurut KBBI adalah sesuatu yang harus dilaksanakan.

Dikutip dari jurnal mengembangkan karakter tanggung jawab pada pembelajaran (2016) karya Elfi Yuliani Rochmah tanggung jawab adalah kesadaran manusia untuk bertingkah laku atau berbuat sesuatu.

Menurut Prof. Dr. Notonagoro, hak adalah kuasa menerima atau melaukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan oleh pikah tertentu. Sementara kewajiban adalah sesuah beban memberikan suatu hal yang sudah semestinya diberikan oleh pihak tertentu.

Dalam pengertian hak dan kewajiban yang telah kita ulas tadi, dapet diketahui bahwasanya hak dan kewajiban didapat dengan cara yang berbeda. Waktu kita mendapatkan hak dan kewajiban pun tidaklah sama. Hak didapatkan sejah lahir hingga akhir hidup, sedangkan kewajiban biasanya kita dapatkan setelah memiliki tugas pada jenjang tertentu. Dan didalam pelaksanaan hak dan kewajiban, sikap tanggung jawab sangat diperlukan

Pelaksanaan hak dan tanggung jawab yang tidak diiringi dengan tanggung jawab akan menimbulkan berbagai dampak yang sifatnya negatif. Maka dari itu sangat penting untuk mengenal dan melaksanakan hak secara bertanggung jawab.

Ada banyak contoh hak yang dapat ditemui dalam kehidupan manusia. Salah satunya yakni Hak Asasi Manusia atau sering kita sebut dengan HAM. Tiap manusia ketika dilahirkan seara otomatis akan memiliki HAM. Hak ini tidak bisa direbut atau diambil alih. Walaupun begitu pelaksanaannya harus tetap bertanggung jawab.

Pengertian tanggung jawab dalam KBBI adalah kondidi seseorang wajib menanggung segala sesuatu, jikaterjadi sesuatu diperbolehkan untuk menuntut, mempersalahkan, memperkarakan, atau melakukan tindakan lainnya. 

Tanggung jawab dapat juga diartikan sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban. Sudah seharusnya tiap manusia mempunyai sikap serta perilaku yang bertanggung jawab. Kedua hal ini dapat terapai ketika manusia membiasakan dirinya untuk selalu tanggung jawab.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline