Lihat ke Halaman Asli

Madeni Al Lomboky

Penulis buku, Dosen, Da'i, Guru Ngaji, Pengusaha Muda

Menulislah Agar Engkau Dikenang Sepanjang Masa

Diperbarui: 30 Agustus 2022   14:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Menulislah Agar Engkau Dikenang Sepanjang Masa

Oleh: Madeni, M. Pd.I

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah." (Pramoedya Ananta Toer)

Adanya sejarah berawal dengan adanya tulisan, tanpa adanya tulisan sejarah tidak akan mungkin ada di dunia ini, semua sejarah yang kita ketahui karena ada seseorang yang menuliskannya. 

Sama halnya dengan seseorang ketika ia ingin dikenang sepanjang masa sesuai dengan keinginannya maka ia harus menuliskan tentang dirinya. 

Karena manakala ia tidak menuliskan tentang dirinya maka orang lailah yang akan menuliskan sesuai dengan versinya masing-masing penulis. 

Sebagaimana ungkapan Mr. Mohammad Roem  "Mulailah menulis tentang dirimu dan sekitarmu.  jika tidak, maka orang lainlah yang akan menuliskannya (sesuai versi mereka sendiri)"

Hal ini pun yang memotivasi penulis untuk terus berusaha istiqomah  menulis setiap harinya dan tetap mengikuti pembelajaran di kelas menulis "Belajar Menulis Gelombang 27". 

Pada kelas menulis inilah kita akan dibimbing, dipantau dan diarahkan untuk menulis resume dan tulisan harian untuk di posting  di blog pribadi yang sudah dibuat dan maupun di akun kompasiana agar terbiasa menulis.

Ketika menulis ada rasa bahagia dan semangat, karena tulisan kita dibaca oleh para peserta yang lainnya serta diberikan penilaian, catatan dan komentar-komentar yang membangun. 

Menulis bagi seseorang sangatlah penting, dengan menulis bisa mendatangkan kebahagiaan, menghilangkan stres, melalui tulis menulis ia tuangkan kebahagiaan dan kesedihannya sehingga pikiran terasa bebas tidak ada beban. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline