Lihat ke Halaman Asli

Ludiro Madu

TERVERIFIKASI

Dosen

Tiga Cara Mahasiswa "Memanfaatkan" Isu Konflik Israel-Palestina

Diperbarui: 21 Mei 2021   10:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcST86ZbtV00z7UkLjsb3wpArtmBM-C_epYCRA&usqp=CAU

Sama seperti berbagai kelompok masyarakat di Indonesia, mahasiswa juga tidak ketinggalan memanfaatkan isu konflik Israel-Palestina. Tujuannya adalah demi mewujudkan kepentingannya melalui berbagai aktifitas akademik atau perkuliahan di kampus. 

Apa kepentingan mahasiswa? Salah satunya adalah mendapatkan nilai maksimal dalam perkuliahan. Jadi tulisan ini tidak membahas demonstrasi atau protes mahasiswa demi membela salah satu pihak dalam konflik itu. Sebaliknya, tulisan ini lebih diarahkan kepada kepentingan akademik mahasiswa.

Dalam konteks itu, konflik berkepanjangan antara Israel-Palestina itu bakal menjadi isu penting dalam berbagai kegiatan mahasiswa. Konflik itu dijelaskan dari berbagai macam dimensi, baik di tingkat nasional (persaingan kelompok Fatah dan Hamas), regional (negara-negara Arab), maupun regional (PAN Arab, Liga Arab).

Bahkan penjelasan lain mengenai konflik itu juga bisa melibatkan negara-negara besar di luar kawasan itu. Peran dan pengaruh Amerika Serikat (AS), Rusia (dulu: Uni Soviet), Uni Eropa, China, dan aktor-aktor lainnya tentu saja tidak diragukan lagi, baik secara terpisah maupun berbarengan.

Meningkatkan konflik itu bakal mendorong mahasiswa menggali lebih banyak isu yang berkaitan dengan konflik Israel-Palestina. Ada banyak dimensi atau isu-isu lain yang dapat digunakan mahasiswa untuk mewujudkan kepentingannya. 

Oleh karena itu, salah satu pertanyaan pentingnya, yaitu: apa saja manfaat isu konflik Israel-Palestina bagi kepentingan mahasiswa?

1. Tugas paper
Manfaat pertama adalah untuk tugas-tugas paper mahasiswa. Tugas ini biasanya menjadi salah satu sarana untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam memahami perkuliahan. Meningkatnya konflik Israel-Palestina mendorong mahasiswa menjadikannya sebagai topik-topik paper. 

Bahasan mengenai isu konflik Israel-Palestina dapat ditemukan pada tugas-tugas mahasiswa di berbagai matakuliah. Di jurusan Hubungan Internasional (HI), beberapa matakuliah itu, seperti: teori konflik, resolusi konflik, diplomasi, politik internasional, dan politik luar negeri di kawasan Timur Tengah.

2. Tema webinar
Di masa pandemi, kegiatan mahasiswa menjadi terbatas. Mereka tidak bisa berada di kampus secara leluasa. Namun demikian, kondisi itu tidak benar-benar meniadakan kegiatan mereka. Webinar menjadi salah satu kegiatan akademik mahasiswa selama masa pandemi. 

Isu konflik dan perdamaian antara Israel-Palestina bakal menjadi tema menarik dalam webinar di 1-2 bulan mendatang. Apalagi masyarakat luas juga memberikan perhatiannya pada isu hangat ini. Situasi ini menyebabkan berbagai webinar dengan tema utama konflik Israel-Palestina bakal menarik lebih banyak peserta webinar. 

3. Judul skripsi
Selain tugas paper dan webinar, isu konflik Israel-Palestina bakal menjadi judul banyak skripsi mahasiswa. Isu konflik Israel-Palestina bakal menjadi topik bahasan dari berbagai dimensi, seperti: ekonomi, hukum, psikologi, sosial, dan pertahanan-keamanan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline