Lihat ke Halaman Asli

Lisa Selvia M.

Literasi antara diriku, dirimu, dirinya

Hoaks Ketik "BFF" di Facebook Berubah Menjadi Hijau Tanda Akun Anda Aman

Diperbarui: 23 Maret 2018   05:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Facebook

Sudahkah Anda membaca status yang bertebaran di dinding media sosial Facebook teman atau bahkan mungkin Kamu termasuk orang yang membagikan status ini.

Silahlahkan cek ... apakah akun fbmu aman ?

Marc Zuckerberg, CEO Facebook, menemukan kata BFF, untuk memastikan akun anda aman di facebook. Ketik BFF di komentar, Jika terlihat hijau akun anda dilindungi. Jika tidak muncul dalam warna hijau, ubah kata sandi anda segera karena mungkin diretas oleh seseorang.

Apakah kalian terjebak ikut mengetik kata "BFF" dan beberapa saat kemudian. Simsalabim, berubahlah huruf menjadi hijau. Biasanya diikuti dengan gambar animasi dua tangan bertepuk seolah-olah melakukan tos. Ahaaa... Anda merasa akun aman sentosa, tidak perlu mengganti kata sandi. Sementara yang keluar warna hitam merasa panik. Dengan segera menggantinya. Ketika dicoba lagi, lah...mengapa tidak berubah. Padahal tidak ada pengaruhnya karena hurufnya yang tidak berubah disebabkan dia memilih pengaturan "Fb lite".

Karena saya sudah tidak tahan lagi melihat status yang makin merajalela ini, ditambah lagi saya mendapat klarifikasi dari grup Indonesia Hoaxes Community. Yang menyatakan bahwa itu hoaks berdasarkan dari status seorang temannya Michael Steven. Juga ada link yang menguatkan dari www.thatsnonsense.com 

Sudah dibagikan sebanyak seribuan per hari ini (dok FB)

Jadi ada beberapa kata dan termasuk di dalamnya BFF (kepanjangan dari Best Friend Forever) adalah termasuk kata-kata atau kalimat yang dianggap spesial oleh Facebook. Sehingga setelah mengetik kata-kata tertentu secara otomatis warna huruf itu akan berubah. Bahkan disertai dengan animasi setelah pengetikan. Jikalau kata atau kalimat tersebut diklik, animasi itu akan keluar.

Contoh kata-kata spesial tsb :

  • Congrats atau congratulations

Animasi yang muncul (screen shoot FB)

  • xoxo

Animasi yang muncul (Screen shoot FB)

  • You're the best

    Animasi yang muncul (screen shoot FB)

  • You got this

    Animasi yang muncul (Screen shoot FB)

  • Semoga Sukses

Animasi yang muncul (Screen shoot FB)

Jangan lupa diperhatikan animasi yang keluar. Setiap kata atau kalimat mempunyai warna dan animasi yang berbeda. Selamat mencoba (***)

Dok. screen shot dari Facebook

note :
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline