Lihat ke Halaman Asli

Lilis Susilawati

Bidang pendidikan

Efektivitas Penerapan Metode Bercakap-cakap Melalui Penggunaan Media Buah-buahan

Diperbarui: 6 Desember 2021   13:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Abstrak

 

Kemampuan berbahasa itu penting bagi perkembangan kognitif anak usia dini, terutama anak usia 4-5 tahun. Banyak metode pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa, salah satunya dengan metode bercakap-cakap  dan media buah-buahan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan sampel penelitian siswa kelompok A TK BPP Annisa Ciptasari Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 10 siswa. Pada penelitian ini dilaksanakan dalam 2 tindakan, yaitu tes awal kemampuan siswa (pre test) dan tes akhir kemampuan siswa setelah melakukan eksperimen (post test). Data penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir, kemudain menghitung perbedaan rata-rata melalui uji t yang bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan yang signifikan atau tidak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan awal berbahasa siswa yang tadinya rendah dari kempampuan mulai berkembnag (MB), dengan nilai rata-rata 2,14. Setelah melakukan tindakan/eksperimen kemampuan anak mengalami peningkatan yang signifikan menjadi mendekati berkembang sangat baik (BSB), dengan nilai rata-rata 3,5. Hal ini dibuktikan dengan testing signifikansi dengan rumus t- test atau uji t dengan diperoleh data bahwa t hitung = 10,0 Sedangkan t tabel dengan derajat kebebasan  9 dan tingkat kepercayaan 95% adalah = 1,83 (ttabel< t hitung). Jika t tabel lebih kecil dari t hitung maka hipotesis diterima. Jadi, hasil dari penerapan treatmen dalam penelitian ini berhasil digunakan. Disarankan pada guru PAUD supaya menggunakan metode bercakap-cakap dan media buah-buahan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini.

 

Kata Kunci : Berbahasa, Metode bercakap-cakap, media buah-buahan

 

Abstrack

 

Language skills are important for cognitive development of young children, especially children aged 4-5 years. Many learning methods are used to improve language skills, one of them with a method of conversing and media fruits. This study is a quasi-experimental research, with a sample of students in group A TK BPP Annisa Ciptasari Pamulihan District of Sumedang district academic year 2018/2019 totaling 10 students. In this study, conducted in the second act, which is the initial test the ability of students (pre-test) and final tests students' ability after experiment (post-test). The research data was obtained through tests prior knowledge and ability tests end, and than calculate the average difference through the t test aims to determine the existence of a significant increase or not. These results indicate that the initial ability of students' language that was lower than ability began to grow (MB), with an average value of 2.14. After the action/experimental abilities of children has increased significantly be approached very well developed (BSB), with an average value of 3.5. This is proved by testing the significance of the formula t test or t test data showed that t = 10.0, while t table with 9 degrees of freedom and a confidence level of 95% is = 1.83 (ttable

 

Keywords: Speak, method of conversing, media fruits

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline