Lihat ke Halaman Asli

Leony Titus

Mahasiswa universitas palangka raya

Pasar Monopolistik dan Oligopoli: Pengertian, Ciri-ciri, Faktor Penyebab, Karakteristik, Keuntungan dan Kerugian

Diperbarui: 1 Desember 2022   17:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Leony Titus

Fakultas Ekonomi

Universitas Palangkaraya

pasar monopolistik dan pasar oligopoli

Definisi pasar monopolistik

Pasar monopoli adalah pasar yang muncul ketika ada beberapa produsen di pasar dan produk yang dibuat oleh produsen tersebut, serta merek, kemasan, dll., Berbeda satu sama lain.

Pasar monopoli hampir sama dengan pasar persaingan sempurna, tetapi produk yang beredar bersifat heterogen. Pasar ini juga memiliki konsep monopoli karena pola penggunaan yang berbeda. Misalnya makanan ringan, alat tulis, dll.

Dalam pasar monopoli, faktor penjualan yang terpenting bukanlah harga, melainkan persepsi konsumen terhadap produk yang dijual. Perusahaan dalam pasar monopoli harus selalu aktif memasarkan dan menjual produknya untuk menjaga citra perusahaan.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita menghadapi banyak pasar monopoli seperti sampo, sabun, air kemasan dan lain-lain.

Ciri-ciri pasar monopolistik

Ada banyak produsen/penjual, tetapi tidak banyak di pasar yang sepenuhnya kompetitif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline