Leony Titus
Fakultas Ekonomi
Universitas Palangkaraya
pasar monopolistik dan pasar oligopoli
Definisi pasar monopolistik
Pasar monopoli adalah pasar yang muncul ketika ada beberapa produsen di pasar dan produk yang dibuat oleh produsen tersebut, serta merek, kemasan, dll., Berbeda satu sama lain.
Pasar monopoli hampir sama dengan pasar persaingan sempurna, tetapi produk yang beredar bersifat heterogen. Pasar ini juga memiliki konsep monopoli karena pola penggunaan yang berbeda. Misalnya makanan ringan, alat tulis, dll.
Dalam pasar monopoli, faktor penjualan yang terpenting bukanlah harga, melainkan persepsi konsumen terhadap produk yang dijual. Perusahaan dalam pasar monopoli harus selalu aktif memasarkan dan menjual produknya untuk menjaga citra perusahaan.
Dalam kehidupan sehari-hari, kita menghadapi banyak pasar monopoli seperti sampo, sabun, air kemasan dan lain-lain.
Ciri-ciri pasar monopolistik
Ada banyak produsen/penjual, tetapi tidak banyak di pasar yang sepenuhnya kompetitif.