Lihat ke Halaman Asli

Leni Marlins

freelancer

Manfaat Digitalisasi bagi Pelaku UMKM

Diperbarui: 19 Desember 2022   20:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Eva Bronzini (Pexels.com)

UMKM pada zaman dulu berbeda dengan zaman sekarang. Perbedaan itu terletak pada kesempatan yang dimiliki untuk berkembang. UMKM masa kini berpotensi untuk lebih maju, meraih omset yang lebih besar, dan bisa menyejahterakan pelakunya asal dikelola dengan baik. 

Pertanyaannya, apa yang harus dilakukan untuk memaksimalkan kesempatan dan potensi tersebut? Digitalisasi yang gencar diterapkan di berbagai bidang, sering dianggap sebagai ancaman. Namun, orang-orang yang mampu melihat dari sudut pandang yang berbeda akan melihat digitalisasi sebagai momen yang tepat untuk membawa UMKM naik kelas.

Manfaat yang bisa dirasakan oleh pelaku UMKM banyak banget. Pertama, kemudahan dalam mempromosikan produk yang dibuat. Bukan hanya di pasar yang itu-itu aja, tapi justru tak terbatas. Kuncinya adalah menerapkan strategi marketing online yang jitu. 

Kalau zaman dulu pelaku UMKM mengalami kesulitan dalam menjual produknya, sekarang nggak begitu lagi. Hal ini secara tidak langsung memengaruhi peluang penjualan dan keuntungan yang diterima.

Kedua, digitalisasi memudahkan pembayaran transaksi. Penjual tidak lagi hanya mengandalkan cash, tapi juga bisa dengan aplikasi khusus. Kemudahan ini tentu sangat membantu bagi pembeli.

Alhasil, produk lebih mudah terjual. Perlu disadari bawah keuntungan membayar dengan metode digital adalah lebih praktis, mudah, dan aman. Dalam hal ini, bank yang menyediakan layanan digital pun sangat bermanfaat. 

Ketiga, digitalisasi membuat penjual bisa memetakan sasaran penjualan dengan lebih cermat. Pelaku UMKM yang cerdas akan melakukan riset lebih dulu sebelum menentukan strateginya dalam menjual produk.

Semua hal itu kini bisa diwujudkan dengan bantuan internet dan penerapan digitalisasi marketing. Tujuannya adalah untuk memasuki pasar yang lebih cocok sehingga produk yang ditawarkan pun lebih diminati.

Keempat, digitalisasi juga membuat sebuah merek atau produk lebih terkenal. Lewat media sosial atau media online lainnya, membangun branding secara kontinyu dapat dilakukan dengan lebih optimal. Branding yang kuat merupakan langkah yang efektif untuk membuat brand tersebut lebih dipilih.

Itulah beberapa berkah yang bisa dirasakan oleh pelaku UMKM dari adanya digitalisasi di semua bidang, termasuk dunia usaha. Nah, dalam rangka HUT127BRI, BRI berkomitmen mendukung pelaku UMKM seperti mereka yang hadir di website BRILianpreneur. Inilah langkah dalam mewujudkan BRIPahlawanFinansial bagi masyarakat Indonesia. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline