Lihat ke Halaman Asli

Laura Afni

Mahasiswi Kesehatan Masyarakat, Universitas Negeri Malang

Mahasiswi MBKM-BKP Membangun Desa UM 2022 Sukses Laksanakan Sosialisasi dan Demonstrasi Buang Sampah Sesuai Jenisnya di SDN 1 Gajahrejo

Diperbarui: 13 Oktober 2022   08:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Jum'at ( 30/09/22 ) Mahasiswa/i MBKM-BKP Membangun Desa UM 2022 sukses melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai pentingnya membuang sampah sesuai jenisnya, kemudian dilanjutkan dengan pemasangan poster-poster edukasi terkait hal tersebut, penyerahan dua buah tempat sampah organik dan anorganik, serta terakhir dilakukan kegiatan demonstrasi membuang sampah sesuai jenisnya oleh siswa-siswi SDN 1 Gajahrejo, Kecamatan Gedangan.

Sebelumnya, mahasiswa/i  telah melakukan survei terkait permasalahan yang ada dengan metode observasi lingkungan dan wawancara kepada pihak sekolah terkait permasalahan lingkungan yang ada.

Menurut Pak Musta'in, selaku salah satu guru SDN 1 Gajahrejo, mengatakan bahwa pihak sekolah terkendala dengan minimnya kesadaran siswa-siswi tentang pentingnya membuang sampah. Pihaknya juga mengatakan bahwa keterbatasan tempat sampah yang dimiliki pihak sekolah juga menghambat keinginan sekolah untuk bisa meningkatkan kesadaran siswa-siswinya akan pentingnya membuang sampah. Hal ini dibuktikan dengan lingkungan sekolah yang hanya memiliki satu tempat sampah di lingkungannya.  

Pelaksanaan program ini bertempat di SDN 1 Gajahrejo, dimulai pada tanggal 29 September 2022,  pukul 08.00 WIB, yakni sosialisasi bertema "Sampahku Tanggung Jawabku" dengan media power point (PPT) dan video edukasi berisi penjelasan mengenai mengapa kita sebagai generasi muda Indonesia harus peduli akan kesehatan lingkungan, penjelasan mengenai dari mana saja datangnya sampah, ke mana perginya sampah-sampah yang kita buang, serta yang terakhir mengenai tiga cara pengelolaan sampah yang baik dan benar.

dokpri

Kegiatan lanjutan dari program ini adalah pemasangan poster dan label edukasi, penyerahan dua buah tempat sampah organik dan anorganik, serta terakhir pelaksanaan demonstrasi buang sampah sesuai jenisnya oleh siswa-siswi SDN 1 Gajahrejo yang dilakukan pada tanggal 30 September 2022 pada pukul 09.00 WIB.

dokpri

dokpri

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline