Lihat ke Halaman Asli

Pola Makan Anda Bisa Pengaruhi Ukuran Otak

Diperbarui: 19 Mei 2018   10:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

tokosalwa.com

Pola Makan Anda Bisa Pengaruhi Ukuran Otak -- Sebuah studi mengungkapkan, orang yang pola makannya sehat memiliki volume otak yang lebih besar.

Selama ini, Anda tentu sudah sering mendengar saran mengenai pentingnya pola makan sehat. Ini bukanlah bualan belaka, ataupun tips klise. Faktanya, apa yang Anda konsumsi memang dapat memengaruhi volume otak.

Pola makan sehat adalah konsumsi makanan yang mengandung semua unsur gizi seimbang sesuai kebutuhan tubuh. Hal tersebut meliputi protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan air. Selain itu, sumber nutrisinya juga harus dipilih sealami mungkin.

Menyantap makanan tidak sehat telah banyak dikaitkan dengan timbulnya sejumlah penyakit. Kelebihan pemanis buatan, misalnya, dapat membuat gula darah Anda melonjak drastis dan terkena diabetes.

Sebaliknya, asupan yang tepat akan memberikan manfaat buat tubuh Anda. Bahkan berdasarkan sebuah penelitian yang dilansir TIME, apa yang Anda makan dapat memengaruhi ukuran otak.

Makin Sehat Makanan, Makin Besar Otak Anda

Sebuah studi baru yang diterbitkan di Neurology menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan sehat punya kemungkinan tinggi memiliki volume otak lebih besar.

Meike Vernooij, seorang profesor epidemiologi dan radiologi di Erasmus University Medical Center, Belanda, ingin melihat bagaimana pola makan dapat memengaruhi ukuran otak. Bersama timnya, ia melakukan survei pada 6 ribu orang tua di Belanda berusia rata-rata 66 tahun terkait apa yang mereka makan lalu menganalisis hasil pemindaian otak selama 10 tahun.

Hasilnya, orang yang makan makanan sehat kaya buah, sayuran, dan lemak sehat dari sumber seperti ikan, dan rendah daging merah, menunjukkan volume otak yang lebih besar. Selain itu, orang dengan pola makan sehat juga memiliki hippocampus---bagian otak untuk memproses memori---yang lebih besar.

Vernooij dan timnya juga menganalisis pengaruh setiap makanan dan nutrisi. Mereka kemudian menemukan bahwa tidak ada satu pun komponen diet yang bertanggung jawab secara individual.

Itu artinya, efek gabungan dari buah, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, susu dan ikan berkontribusi pada volume otak yang lebih besar. Anda tidak dapat makan satu atau beberapa jenis saja untuk mendapatkan hasil maksimal. Para peneliti juga mendapati bahwa orang yang minum lebih sedikit minuman manis seperti soda memiliki volume otak yang lebih besar.

Pauline Croll, salah satu periset dalam studi tersebut, percaya bahwa temuan tersebut dapat mengarah pada penelitian baru tentang bagaimana diet bisa memengaruhi gangguan otak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline