Lihat ke Halaman Asli

Aktivitas Magang Telemarketer di PT. Indonusa Telemedia

Diperbarui: 24 Juni 2015   08:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Selama saya mengikuti kegiatan magang di PT. Indonusa Telemedia Regional Jawa Barat, saya diberi amanat untuk menjalankan beberapa tugas. Apa saja aktivitas saya selama magang di divisi Marketing dan Sales ini? Yuk simak uraian saya dibawah ini !

Sebelum saya terjun langsung ke dalam kegiatan telemarketing, terlebih dahulu saya diberi arahan untuk mempelajari script outbound call untuk penawaran produk maupun winback. Script Outbound Call ini adalah sebuah script yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan outbound call, yaitu panggilan keluar menghubungi pelanggan berdasarkan database untuk melakukan penawaran. Dalam script ini terdapat petunjuk standar bagaimana telemarketer harus menyampaikan pesannya dari mulai salam pembuka, perkenalan, pesan, transaksi jika pelanggan tertarik dengan penawaran produk, jika pelanggan tidak tertarik dengan penawaran produk, serta salam penutup.

Kemudian sebelum saya melakukan kegiatan telemarketing, saya juga terlebih dahulu melakukan kegiatan simulasi dengan menelpon melakukan penawaran terhadap produk TelkomVision yaitu TV Berlangganan dan TV Voucher YesTV. Baru setelah itu saya melakukan kegiatan telemarketing dengan menelepon pelanggan Speedy maupun komunitas berdasarkan database yang diberikan oleh Account Executive Marketing untuk menawarkan produk TelkomVision maupun menawarkan paket winback untuk pelanggan TelkomVision.

Adapun jenis kegiatan telemarketing yang saya lakukan meliputi dua aktivitas telepon, yaitu sebagai berikut: (1) Inbound call, yaitu melayani telepon yang masuk dari pelanggan menginginkan pemasangan produk TV Berlangganan maupun TV Voucher YesTV serta informasi lebih lanjut mengenai produk YesTV. (2) Outbound call, yaitu menelepon para pelanggan Speedy maupun komunitas tertentu berdasarkan database yang diberikan oleh Account Executive Marketing untuk menawarkan produk TV Berlangganan dan TV Voucher YesTV serta menawarkan paket winback untuk pelanggan TelkomVision.

Selain itu, saya juga melakukan kegiatan verification data pelanggan. Sebelum teknisi melakukan instalasi untuk pemasangan baru kepada para pelanggan, terlebih dahulu melakukan verification yaitu pendataan ulang terhadap data yang telah diinput oleh telemarketer. Hal tersebut untuk memastikan data pelanggan itu benar serta mengontrol pemasangan instalasi TV Berlangganan dan TV Voucher YesTV baru dapat terlaksana dengan baik. Verifacation data pelanggan ini juga dilakukan untuk memastikan data untuk paket winback pelanggan benar, melengkapi data yang kurang lengkap serta memastikan instalasi winback berjalan dengan baik.

Nah, saya juga melakukan kegiatan outbound call lain, seperti melakukan kegiatan follow up pelanggan baru Telkom Vision. Berdasarkan prosedur instalasi pemasangan produk baru TelkomVision, bahwa setelah empat hari trial, pelanggan wajib membayar abonemen bulan pertama dengan segera untuk kembali bisa menikmati layanan TelkomVision.

Kemudian setelah melakukan beberapa kegiatan outbound call diatas, tugas saya selanjutnya menuliskan work order yang selanjutnya diserahkan kepada teknisi. Dimana formulir work order yang berisi keluhan atau gangguan serta permintaan pelanggan untuk pencabutan, winback (pengaktifan kembali), maupun pemasangan produk TelkomVision yang selanjutnya diserahkan ke bagian teknisi untuk ditindak lanjuti.

Magang sebagai telemarketer di TelkomVision tidak melulu berkutat dengan telepon, saya pun diberi kesempatan untuk ikut kegiatan Open table, yang merupakan salah satu aktifitas selling through event. Melalui event tersebut, TelkomVision mengambil kesempatan untuk melakukan penjualan secara langsung kepada para partisipan event yang hadir.  Dalam kegiatan ini penulis bertugas untuk menjaga stand booth TelkomVison, menyebarkan brosur tentang produk TelkomVision untuk dibagikan kepada para partisipan event, membantu menjawab pertanyaan konsumen mengenai produk TelkomVision, melayani transaksi pemasangan produk TelkomVison, serta mencari prospek pelanggan.

Well, yang terlebih penting dari rangkaian kegitan magang ini adalah kesempatan kalian untuk mengaplikasikan konsep teori yang diperoleh selama perkuliahan kedalam dunia kerja nyata.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline