Lihat ke Halaman Asli

Krisnina Maharani

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNDIP

Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Pelaku UMKM dan Perintis Usaha untuk Memanfaatkan Internet sebagai Media Promosi

Diperbarui: 10 Agustus 2022   23:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi Digital Marketing (sumber: dok. pribadi)

 

Digital Marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat dan tepat sasaran. Penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh para pelaku usaha akibatnya mereka saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya. Contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online seperti FB ads dan Google Ads, promosi media cetak, iklan televisi dan radio, billboard elektronik, email marketing, mobile marketing, dan lainnya.

Foto Bersama dengan Peserta (sumber: dok. pribadi)

Dalam rangka melaksanakan kegiatan KKN di Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, mahasiswa Universitas Diponegoro, Krisnina Maharani pada 29 Juli 2022 memberikan sosialisasi mengenai digital marketing pada masyarakat sekitar. Dalam kegitan tersebut mahasiswa mengajak masyarakat untuk memanfaatkan media sosial dan internet sebagai media promosi yang murah dan efektif untuk merintis sebuah usaha.

Materi yang disampaikan pada kesempatan tersebut adalah cara menentukan target pasar, cara mengoptimalkan media sosial, bagaimana melakukan branding produk, pembuatan konten yang menarik, dan strategi yang efektif dalam memasarkan produk secara online. Mahasiswa juga membuat poster untuk mendukung kegiatan yang kemudian ditempel pada papan informasi yang tersedia di balai desa.

Kunjungan UMKM "BEN BANDENG JUWANA" (sumber: dok. pribadi)

Membantu UMKM "BEN BANDENG JUWANA" (sumber: dok. pribadi)

Selain sosialisasi tentang digital marketing pada masyarakat, mahasiswa juga melakukan kunjungan UMKM di Desa Bajomulyo pada 5 Agustus 2022. Pada kesempatan tersebut, mahasiwa mengunjungi UMKM "Ben Bandeng Juwana" dengan menanyakan sejauh mana perkembangan sebuah usaha telah berjalan, melihat dan membantu secara langsung produksi olahan ikan bandeng.  Mahasiswa juga melakukan foto produk dan membantu membuatkan akun media sosial instagram @benbandeng.juwana untuk mempromosikan usaha aneka olahan ikan bandeng.

Harapan dengan adanya kegiatan KKN ini masyarakat dan pelaku usaha dapat lebih berinovasi dan kreatif memanfaatkan ketersediaan internet sebagai solusi dalam mengembangkan bisnis atau usahanya menjadi lebih baik lagi kedepannya.

(sumber: dok. pribadi)

Penulis: Krisnina Maharani -- Mahasiswi Ilmu Komunikasi/FISIP UNDIP




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline