Lihat ke Halaman Asli

kkndesarangdumulya

mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang

Proker KKN UNSIKA 2022: Kegiatan Penguatan Kelembangaan Pertanian untuk Tingkatkan Produktivitas dan Mendukung Kemandirian Pangan

Diperbarui: 6 Oktober 2022   14:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

dokpri

Karawang - Pada Tanggal (17/08/2022) Program Pengabdian Masyarakat (PKM oleh Dosen bekerjasama dengan Mahasiswa Kuliah kerja nyata ( KKN) Universitas Singaperbangsa Karawang Telah melakukan Program utama yang bertemakan 'Penguatan Kelembagaan Pertanian untuk Meningkatkan Produktifitas Dan mendukung kemandirian Pangan". Acara di mulai dari sambutan Kepala Desa Rangdumulya, ketua Gapoktan, Ketua kelompok KKn Unsika, serta dosen pembimbing Lapangan.

Selanjutnya penyampaian materi di sampaikan oleh Dosen dari Unsika yakni Muhamad Rom Ali Fikri, S.P., M. Sc dan Dr Moch Samun, M. Si. Acara tersebut di hadiri oleh berbagai elemen desa yaitu Kepala Desa Rangdumulya, Karang Taruna, Setiap Gapoktan (golongan Kelompok Tani).

Ali Fikri selalu Dosen Pembimbing lapangan Kuliah kerja nyata kelompok 121 Desa Rangdumulya ini menjadi pemateri pertama dan materi yang di sampaikan bertemakan penguatan kelompok Tani dalam mendukung kemandirian pangan. Dalam salah satu materi yang dj sampaikan untuk mengembangkan kelembagaan Pertanian perlu adanya proses yang pertama, komoditas unggul, setelah itu nilai tambah ekonomis masyakarat meningkat, dan pertumbuhan ekonomi masyarakat serta kawasan.

Dalam pemateri kedua oleh DR Samin membawakan materi bertemakan sistem Administrasi Kelompok menuju kelompok Tani berprestasi. Dalam salah satu materi nya beliau juga menyampaikan administrasi kelompok terdapat dua pengertian yg berbeda ada yg arti sempit dan arti luas. Arti sempit meliputi kegiatan mencatat, surat menyurat guna untuk tatakeusahaan. Sedangkan dalam arti luas merupakan suatu proses umum yg terdapat dalam semua kelompok yang mengadakan kerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Setelah pemaparan materi para hadirin yang telah hadir di Aula Desa Rangdumulya mengisi lembaran kuesioner yang telah di bagikan oleh rekan rekan Mahasiswa KKN Kelompok 121. Setelah acara tersebut. Kuesioner di kumpulkan kembali lalu terdapat penyerahan sertifikat ketua pelaksana kepada Kepala Desa Rangdumulya, Ketua Gapoktan dan kepada Pemateri. Untuk menutup acara tersebut tidak lupa pembacaan doa bersama sama serta diadakannya sesi foto bersama. Dari Program kerja utama ini semoga bermanfaat kedepan bagi kelompok Tani yang terdapat Di Desa Rangdumulya, dan bisa menjadi inspirasi kedepannya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline