Lihat ke Halaman Asli

KKN 468 PUROREJO

Universitas Jember

Penyusunan Konsep Baru Wisata Umbul Tourism Park Melalui Masterplan dan Branding Wisata oleh Mahasiswa KKN UNEJ

Diperbarui: 16 Agustus 2022   08:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Program kerja kelompok kami selanjutnya adalah membuat masterplan dan branding wisata. Melihat dari kendala dan permasalahan yang ada di Wisata Umbul Tourism Park mengenai konsep awal pembangunan wisata yang kurag tepat, maka diperlukan sebuah rancangan baru yang berkelanjutan. Penyusunan masterplan bertujuan untuk merancang pemetaan pembangunan yang lebih tepat dan tata kelola yang lebih baik kedepannya. 

Selain itu masterplan juga dijadikan sebagai pedoman pengembangan fisik seperti bangunan maupun infrastruktur yang ada dalam lingkungan tersebut. Sedangkan tujuan branding wisata adalah memperkenalkan destinasi wisata serta menunjukkan keunikan yang dimiliki agar mempermudah proses pemasaran wisata.

Berpartisipasi bersama POKMAS dan masyarakat sekitar dalam kegiatan pemeliharaan wisata Umbul Tourism Park untuk memudahkan dalam merancang Masterplan. Kegiatan ini diawali dengan melakukan pembersihan kolam khusus anak kecil dan sekitar kolam besar bagian depan. 

Kegiatan tersebut bertujuan agar lumut hijau yang mengotori kolam dapat bersih sehingga kolam dapat digunakan kembali dalam jangka panjang. Kemudian juga kami membersihkan rumput liar dan sampah plastik yang berada disekitar kolam besar agar kondisi air tetap terjaga keasriannya. 

Setelah itu membersihkan taman yang berada di atas kolam besar yang bertujuan agar taman menjadi lebih bersih, akses jalan dapat dilalui, dan masyarakat dapat menikmati keindahan wisata Umbul Tourism Park.

Dokpri

Kondisi wisata Umbul Tourism Park yang sudah kembali bersih, kami memanfaatkan untuk kegiatan branding wisata yaitu dengan mengadakan lomba spot photo. 

Lomba ini bertujuan untuk menaikkan kembali popularitas wisata Umbul Tourism Park, agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Lomba ini mengangkat tema tentang Pesona "Umbul Tourism Park" yang boleh diikuti oleh masyarakat umum. 

Kategori pemenang dalam lomba ini sebagai berikut; foto dengan like terbanyak, foto dengan  comment terbanyak, foto dengan caption paling menarik, dan foto dengan spot dan angle terbaik. 

Selain lomba spot photo, kami membantu membuatkan media sosial berupa instagram. Akun instagram Umbul Tourism Park yakni @umbultourismpark. Hasil dari kegiatan tersebut memberikan dampak positif bagi wisata Umbul Tourism Park yaitu pengunjung semakin bertambah dan semakin dikenal oleh masyarakat luas melalui media sosial.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline