Mohon tunggu...
KKN 468 PUROREJO
KKN 468 PUROREJO Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Jember

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penyusunan Konsep Baru Wisata Umbul Tourism Park Melalui Masterplan dan Branding Wisata oleh Mahasiswa KKN UNEJ

16 Agustus 2022   08:51 Diperbarui: 16 Agustus 2022   08:55 65 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Program kerja kelompok kami selanjutnya adalah membuat masterplan dan branding wisata. Melihat dari kendala dan permasalahan yang ada di Wisata Umbul Tourism Park mengenai konsep awal pembangunan wisata yang kurag tepat, maka diperlukan sebuah rancangan baru yang berkelanjutan. Penyusunan masterplan bertujuan untuk merancang pemetaan pembangunan yang lebih tepat dan tata kelola yang lebih baik kedepannya. 

Selain itu masterplan juga dijadikan sebagai pedoman pengembangan fisik seperti bangunan maupun infrastruktur yang ada dalam lingkungan tersebut. Sedangkan tujuan branding wisata adalah memperkenalkan destinasi wisata serta menunjukkan keunikan yang dimiliki agar mempermudah proses pemasaran wisata.

Berpartisipasi bersama POKMAS dan masyarakat sekitar dalam kegiatan pemeliharaan wisata Umbul Tourism Park untuk memudahkan dalam merancang Masterplan. Kegiatan ini diawali dengan melakukan pembersihan kolam khusus anak kecil dan sekitar kolam besar bagian depan. 

Kegiatan tersebut bertujuan agar lumut hijau yang mengotori kolam dapat bersih sehingga kolam dapat digunakan kembali dalam jangka panjang. Kemudian juga kami membersihkan rumput liar dan sampah plastik yang berada disekitar kolam besar agar kondisi air tetap terjaga keasriannya. 

Setelah itu membersihkan taman yang berada di atas kolam besar yang bertujuan agar taman menjadi lebih bersih, akses jalan dapat dilalui, dan masyarakat dapat menikmati keindahan wisata Umbul Tourism Park.

Dokpri
Dokpri

Kondisi wisata Umbul Tourism Park yang sudah kembali bersih, kami memanfaatkan untuk kegiatan branding wisata yaitu dengan mengadakan lomba spot photo. 

Lomba ini bertujuan untuk menaikkan kembali popularitas wisata Umbul Tourism Park, agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Lomba ini mengangkat tema tentang Pesona "Umbul Tourism Park" yang boleh diikuti oleh masyarakat umum. 

Kategori pemenang dalam lomba ini sebagai berikut; foto dengan like terbanyak, foto dengan  comment terbanyak, foto dengan caption paling menarik, dan foto dengan spot dan angle terbaik. 

Selain lomba spot photo, kami membantu membuatkan media sosial berupa instagram. Akun instagram Umbul Tourism Park yakni @umbultourismpark. Hasil dari kegiatan tersebut memberikan dampak positif bagi wisata Umbul Tourism Park yaitu pengunjung semakin bertambah dan semakin dikenal oleh masyarakat luas melalui media sosial.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan