Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Barata

Marketing Perbankan

Pentingnya Penilaian Kerja

Diperbarui: 1 Februari 2020   19:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Untuk karyawan baru ada beberapa tips untuk meniti karier di satu perusahaan, antara lain :

1). Jangan gengsi dalam melakukan pekerjaan  yang ditugaskan meskipun pekerjaan ringan seperti mem-fax surat.

2). Melaksanakan tugas sebaik mungkin.

3). Membangun image diri yang baik.

4). Membangun reputasi yang baik.

5). Konsisten dalam bekerja.

6). Jangan menjadi kutu loncat. Usahakan bertahan setahun  di satu perusahaan meskipun kurang atau tidak cocok dengan jenis pekerjaan.

Di era millenial banyak hal yang berkaitan dengan hasil pekerjaan sangat dapat diukur.Termasuk pencapaian prestasi kerja. Perusahaan- perusahaan umumnya menggunakan Penilaian Kerja atau Performance  Appraisal ( seperti raport buat karyawan) untuk mengukur kinerja karyawan dalam kurun waktu tertentu.

Minimal ada dua hal  yang mempengaruhi tinggi-rendahnya nilai Penilaian Kerja, yaitu pencapaian hasil kerja  dan persepsi pimpinan terhadap karyawan. Penilaian kerja berdasarkan pencapaian hasil kerja  biasanya diberlakukan oleh perusahaan mapan yang memiliki karyawan lebih dari 100 orang, dan sistem manajemen sumber daya manusianya sangat baik.

Karyawan yang bekerja di perusahaan yang segala sesuatunya serba terukur mau tak mau apapun posisi jabatannya harus mempunyai skill ( keahlian), ketrampilan, pengetahuan, sikap,  dan perilaku ( attitude), lalu menggunakan dan mengembangkannya semaksimal mungkin untuk mencapai kinerja, setidaknya dalam bidang pekerjaannya sesuai dengan tuntutan  yang digariskan perusahaan.

Selain harus mampu mengerjakan tugas-tugas pekerjaannya dengan baik, karyawan juga harus mampu memprioritaskan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dulu. Usahakan pekerjaan utama selesai tepat waktu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline