Lihat ke Halaman Asli

Katedrarajawen

TERVERIFIKASI

Anak Kehidupan

Omong Kosong Sakelar

Diperbarui: 16 Agustus 2022   22:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Postwrap 

Ibarat sebuah kapal bila hanya ditambatkan di dermaga tak akan merasakan ganasnya ombak dan angin, maka tak akan teruji sebagai sebuah kapal yang tangguh mengarungi lautan.

Demikian juga dengan manusia bila tak mengalami ombak dan angin kehidupan tak akan teruji ketangguhannya. Oleh sebab itu, jangan gentar dan takut berlayar dalam lautan kehidupan yang penuh gelombang. 

Bila matahari hanya berada di ufuk Barat, maka sinarnya tak akan memberikan manfaat bagi dunia. Demikian dengan diri ini, terjunlah dalam luasnya dunia, sehingga dapat memberi manfaat bagi kehidupan. 

Ibarat di dalam sebuah ruang yang gelap akan menjadi terang bila menemukan sebuah sakelar. Demikian juga hidup diri saat dalam kegelapan, maka perlu menemukan sakelar berupa kesadaran, agar hidup menjadi terang. 

Ibarat sakelar yang dapat berfungsi sebagai tombol untuk menerangkan atau menggelapkan sebuah ruangan. Demikian pula diri ini dapat menerangkan  jalan kehidupan orang lain, dapat pula menyesatkan. 

Namun, bila kesadaran yang menjadi tuan, maka akan setia menerangi kehidupan dari kegelapan. 

Yang utama ada kesadaran, bahwa di dalam setiap diri ada sakelar penerang yang perlu dinyalakan. Bila tidak, sebuah sakelar hanya akan menjadi omong kosong dan pajangan. 


@refleksihati, 01 Agustus 2022





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline