Lihat ke Halaman Asli

Johan Japardi

Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

10 Tip Gaya Hidup Awet Muda

Diperbarui: 8 September 2021   07:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi. Sumber: Natural Health, September 2021, hlm. 63.

Bantu tubuh Anda awet muda lebih lama dengan 10 tip gaya hidup menua secara sehat ini.

1. Makan Buah dan Sayuran Aneka Warna
Makan banyak buah dan sayuran berwarna cerah memiliki manfaat antipenuaan yang luas. "Antioksidan dalam berbagai warna ini membantu tubuh kita untuk mengatasi polusi lingkungan dan faktor gaya hidup yang menyebabkan perubahan yang terkait dengan
penuaan," kata konsultan ahli diet Sophie Medlin, pendiri citydietitians.co.uk

2. Temukan Biji Rami
Biji rami (flaxseed) penuh dengan manfaat kesehatan dan mudah ditambahkan ke dalam makanan sehari-hari Anda. Biji rami tidak hanya mengandung lignan yang bisa menurunkan kolesterol, mengurangi kadar gula darah dan insulin, tetapi juga merupakan sumber omega 3 nabati yang baik.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi biji rami bisa meningkatkan hidrasi dan membantu menghaluskan kulit. Mengapa tidak menambahkan sesendok biji rami ke dalam smoothie atau bubur Anda?

3. Makan Coklat Hitam
"Coklat hitam mengandung antioksidan dalam jumlah yang mengejutkan jika dibandingkan dengan banyak makanan lain seperti acai berry, blueberry, dan cranberry (yang dikenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi)," kata Trevor Roberts dari nutritioningredients.co.uk.

"Penelitian telah mengsiyaratkan bahwa coklat hitam bisa membantu mengurangi tekanan darah sambil meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan fungsi dan elastisitas arteri. Satu kajian menemukan bahwa coklat hitam tinggi flavanol (coklat dengan setidaknya 70 persen padatan kakao) menggandakan jumlah waktu yang bisa dilakukan orang untuk tetap berada di bawah sinar matahari sebelum kulitnya berubah menjadi merah, sesuatu yang tidak terjadi pada orang yang makan coklat dengan flavanol lebih sedikit."

4. Dapatkan Zen
"Yoga, Tai Chi, dan Pilates adalah cara luar biasa untuk tetap bugar dan membantu pola pikir Anda," kata David Wiener, spesialis pelatihan dan nutrisi di Freeletics.

''Penelitian telah menunjukkan bahwa memulai kegiatan-kegiatan ini bisa membantu orang untuk mengurangi stres, memperbaiki postur tubuh, keseimbangan dan mobilitas, serta meningkatkan kekuatan otot di kaki. Salah satu tantangan terbesar dalam hidup adalah diri Anda sendiri, jadi meluangkan waktu untuk bersantai dan melepas lelah dari hari bisa  memberikan manfaat yang luar biasa, baik secara mental maupun fisik."

5. Sering-sering Bermeditasi
Jelas bahwa meditasi memiliki segudang manfaat untuk kesejahteraan kita, dan bukti
menginsyaratkan bahwa meditasi bisa membantu mengurangi kadar kortisol dan bahkan meningkatkan sistem imun.

"Setiap detik yang kita sadari adalah detik kita tidak menghasilkan hormon stres," kata Fran McElwaine, seorang praktisi pengobatan fungsional dan pelatih umur panjang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline