Lihat ke Halaman Asli

Sudahkah Anda Mengetahui Apa Itu Pipa Steamless?

Diperbarui: 19 Oktober 2021   09:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.vxmachinery.com/

Pipa seamless  merupakan salah satu jenis dari pipa schedule, namun, bagaimana cara memberdakan pipa ini dengan pipa lainnya? Mari kita mempelajarinya bersama sama.

Proses Pembuatan Pipa Seamless

Kata seamless sendiri memiliki arti bahasa yakni 'tanpa sambungan'. Jadi, pipa baja seamless adalah pipa baja yang tidak memiliki sambungan, unik sekali bukan? Pipa non-seamless dibuat dengan melengkungkan plat/strip baja dengan mesin rol, lalu dilakukan pengelasan (welded) untuk proses penyambungan. 

Metode Pembuatan Pipa Steamless

1. Metode Mannesmann Plug Mill Process 

Metode ini dilakukan dengan cara menggulung silinder baja pejal sampai meregang dan berlubang. Lubang yang tak beraturan akan disempurnakan dengan semacam peluru (bullet-shape) yang ditembuskan pada bagian tengah silinder; dilanjutkan dengan proses akhir yakni pendinginan, pemotongan, pelurusan, dan finishing.    

2. Metode Mandrel Mill Process 

Metode Mandrel Mill Process akan memanaskan silinder baja pejal pada tungku pemanas, lalu pada bagian tengah baja ditusuk hingga berlubang. Setelah itu material baja diproses dengan mesin rol untuk mengurangi diameter luar dan ketebalan dinding untuk menciptakan beragam ukuran. Proses akhir dari metode ini adalah pendinginan, pemotongan, pelurusan, dan finishing.

Baca Juga: Besi Beton Berkualitas Akan Menjamin Kekuatan Bangunan Anda

 Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan Serta Aplikasi Pada Pipa Seamless?

Kelebihan dari pipa seamless adalah risiko terjadinya korosi lebih kecil, karena pipa ini merupakan pipa tanpa sambungan. Tidak adanya sambungan juga membuat pipa ini memiliki kekuatan relatif lebih baik terutama terhadap tekanan dan suhu tinggi. Pipa tanpa smabungan juga memiliki deviasi pinggiran melingkar relatif lebih kecil sehingga bentuk silindernya cenderung lebih mulus.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline