Lihat ke Halaman Asli

Jeanne Francoise

Woman of Conference

Abstract (in Indonesian): "Perbedaan Metode NHT dan Make a Match Tema Keberagaman di Kelas 4 SDN 02 Banda Aceh"

Diperbarui: 8 Mei 2017   10:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seminar Nasional: Transformasi Pendidikan Abad 21 untuk Mengembangkan Pendidikan Dasar Bermutu dan Berkarakter”, Sabtu, 6 Mei 2017, di Universitas Negeri Malang

Perbedaan Hasil Belajar Siswa Model Numbered Head Together (NHT) dengan Model Make a MatchPada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SD Negeri 2 Banda Aceh

Jeanne Francoise, S.Hum., M.Si.(Han.)[1]

Reh Ulina Br.Pinem, S.Pd.[2]

Abstrak

Penelitian ini, yang akan dipresentasikan di dalam Seminar Nasional: Transformasi Pendidikan Abad 21 untuk Mengembangkan Pendidikan Dasar Bermutu dan Berkarakter”, Sabtu, 6 Mei 2017, di Universitas Negeri Marang, mengambil topik: “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Model Numbered Head Together (NHT) Dengan Model Make a Match Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Di Kelas IV SD Negeri 2 Banda Aceh”.

Sebagai latar belakang, penelitian ini akan melihat dinamika dan problematika dunia pendidikan SD di Banda Aceh, serta melihat kebijakan-kebijakan preventif dan partisipatif dalam memajukan sistem pendidikan SD di Banda Aceh yang sesuai dengan kebijakan nasional, kondisi kebangsaan, dan nilai-nilai Syariat Islam. Secara khusus, penelitian ini akan menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model Make a Matchpada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV SD Negeri 2 Banda Aceh. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui perbedaan Hasil Belajar Siswa Model Numbered Head Together (NHT) dengan Model Make a Matchpada Subtema Keberagaman Budaya bangsaku di Kelas IV SD Negeri Negeri 2 Banda Aceh.

Untuk menjawab permasalahan penelitian, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I hingga kelas VI di SD Negeri 2 Banda Aceh yang berjumlah 536 orang tahun ajaran 2014/2015. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV-a yang menjadi kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT)  terdiri dari 33 orang siswa dan kelas IV-b yang menjadi kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran Make a Match terdiri dari 33 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Model Make a Matchdapat digunakan dalam proses belajar mengajar, khususnya dalam mengajarkan Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Hasil analisis data yang dilakukan oleh penulis, nilai t lebih besar dari pada nilai nilai t = -0,22 sedangkan nilai = 2,00, hal ini menunjukan bahwa nila t - hitung < t-tabel, sehingga dapat di disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan prestasi belajar siswa  melalui model Numbered Head Together dan Make a match pada tema indahnya kebersamaan Sub Tema keberagaman budaya bangsaku Kelas IV SD Negeri 2 Banda Aceh, disebabkan karena kedua model pembelajaran tersebut dapat diterapkan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Numbered Head Together (NHT), Make a Match, Hasil Belajar Siswa

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline