Lihat ke Halaman Asli

Isti Annura Hadistiani

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (21107030126)

Daya Tarik Bukit Paralayang Watugapit

Diperbarui: 15 Juni 2022   09:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Untuk menikmati keindahan pantai ataupun sunset itu tidak harus berada di tepi pantai, dari atas bukit pun kamu bisa menyaksikan keindahan pantai. Pemandangan pantai yang indah disertai dengan garis pantai yang panjang, ombak yang berkejaran, serta birunya air laut menjadi kombinasi sempurna untuk mengusir rasa penat.

Salah satu destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan kamu untuk mengusir penat adalah Bukit Paralayang Watugapit.  Bukit Paralayang Watugapit merupakan sebuah tempat wisata yang sangat terkenal di Yogyakarta dan terletak di area hutan Giricahyo, Purwosari, Gunung Kidul. Tempat ini menyajikan pemandangan Pantai Parangtritis dari atas bukit dengan ketinggian 900 mdpl. 

Pada awalnya bukit ini masih berupa bentukan alam, lalu pada tahun 1991 dibangunlah landasan untuk olahraga paralayang, yang kemudian dilanjutkan dengan pembangunan beberapa fasilitas seperti pendopo, area parkir, tangga, dan lainnya pada tahun 1998.

Banyak orang yang mengenal Bukit Paralayang Watugapit karena Bukit Paralayang Watugapit menyediakan olahraga ekstrem paralayang yang jarang ditemukan di tempat wisata lainnya. 

Bukit Paralayang juga dikenal karena menyajikan pemandangan yang sangat indah terutama saat senja mulai tiba. Letak Bukit Paralayang Watugapit tidak jauh dari pantai Parangtritis karena hanya berjarak kurang lebih 2 km saja. 

Setelah sampai di area parkir Bukit Paralayang Watugapit, kamu harus menaiki tangga lagi untuk sampai menuju bukit. Di lokasi ini juga terdapat deretan pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam makanan, minuman, serta cemilan dengan harga yang cukup terjangkau yang bisa kamu nikmati ditempat ataupun diatas bukit nanti.

Lokasi Bukit Paralayang Watugapit

Bukit Paralayang Watugapit terletak di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Bukit Paralayang Watugapit berjarak sekitar 30 km dari Kota Yogyakarta atau memakan waktu sekitar kurang lebih 1 jam perjalanan.

Harga Tiket Masuk

Karena Bukit Paralayang berada di area yang sama dengan Pantai Parangtritis, maka para pengunjung harus mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 untuk biaya retribusi di loket Pantai Parangtritis, lalu Rp 5.000 per orang untuk biaya retribusi memasuki area Bukit Paralayang Watugupit. Selain biaya masuk, disini juga pengunjung akan dikenakan tarif untuk kendaraan, seperti parkir motor sebesar Rp 3.000, dan biaya parkir mobil sebesar Rp 5.000.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline